Penguatan Pendidikan Karakter Mandiri Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita di Panti Sosial Bina Grahita Harapan Ibu Kalumbuk Padang (Penelitian Deskriptif Kualitatif)

Neli, Melda (2019) Penguatan Pendidikan Karakter Mandiri Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita di Panti Sosial Bina Grahita Harapan Ibu Kalumbuk Padang (Penelitian Deskriptif Kualitatif). Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_03_MELDA_NELI_2530_14052059_2019.pdf

Download (394kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penguatan pendidikan karakter mandiri anak berkebutuhan khusus. Tujuan penelitian untuk mengidentifikasi bentuk-bentuk, hambatan dan upaya pendidik dan pembimbing dalam penguatan pendidikan karakter mandiri anak tunagrahita. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yang mengambil lokasi di Panti Sosial Bina Grahita Harapan Ibu Padang. Informan penelitian 10 orang yang ditentukan dengan cara purposive sampling adalah pendidik dan pembimbing serta anak tunagrahita. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Keabsahan data ditentukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik, data yang diperoleh dianalisis dengan tahap-tahap mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan dari data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk kemandirian pada anak yaitu kemandirian emosi dan kemandirian sosial seperti pada saat proses belajar dan kegiatan diasrama. Hambatannya yaitu kesulitan dalam berkomunikasi dengan anak dan pemahaman akan sikap mandiri pada anak. Usaha untuk mengatasi hambatan tersebut dengan memberi pengertian, kasih sayang serta nasehat yang nanti perlahan akan dipahami oleh anak, yang dilakukan secara terus menerus. Oleh karena itu penguatan pendidikan karakter mandiri bagi anak berkebutuhan khusus tunagrahita diperlukan agar anak bisa mengurus diri sendiri tanpa bantuan orang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 15 Jun 2021 02:18
Last Modified: 15 Jun 2021 02:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31947

Actions (login required)

View Item View Item