Performance Keterampilan Bertanya dan Keterampilan Memberikan Penguatan Guru PPKn : Studi SMP Negeri 4 Pariaman Kelas IX

Putri, Marissa Dwi (2019) Performance Keterampilan Bertanya dan Keterampilan Memberikan Penguatan Guru PPKn : Studi SMP Negeri 4 Pariaman Kelas IX. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_03_MARISSA_DWI_PUTRI_276_14052079_2019.pdf

Download (463kB) | Preview

Abstract

Permasalahan pokok pada penelitian ini adalah berkaitan dengan keterampilan bertanya dan keterampilan memberikan penguatan guru, yaitu : Guru PPKn sepertinya kesulitan dalam memberikan pertanyaan yang bervariasi, cara bicara guru dalam menyajikan pelajaran PPKn terlalu cepat, hal ini diduga karena gerakan guru masih kaku dalam mengajar, Fokus perhatian guru hanya kepada beberapa orang peserta didik saja dan guru belum mampu menjelaskan pelajaran secara maksimal kepada peserta didik. Batasan masalah dalam penelitian ini adalah : Performance keterampilan bertanya guru PPKn SMP Negeri 4 Pariaman, Performance keterampilan memberi penguatan guru PPKn SMP Negeri 4 Pariaman dan Performance keterampilan bertanya dan memberi penguatan guru PPKn SMP Negeri 4 Pariaman secara bersamaan. Rumusan masalahnya adalah : Bagaimana performance keterampilan bertanya guru PPKn SMP Negeri 4 Pariaman?, Bagaimana performance keterampilan memberi penguatan guru PPKn SMP Negeri 4 Pariaman? Dan bagaimana performance keterampilan bertanya dan memberi penguatan guru PPKn SMP Negeri 4 Pariaman secara bersamaan? Jenis penelitian yang digunakan adalah field research dengan metode deskriptif melalui pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX yang berjumlah 196 orang. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 25, 51 % dari total populasi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini Probability Sampling dengan pola simple random sampling. Teknik pengumpulan data melalui angket dan dokumentasi. Pengolahan data dengan cara uji persyaratan yang meliputi : uji validitas data, uji normalitas data dan uji reliabilitas data. Selanjutnya dilakukan analisis deskriptif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa : (1) Keterampilan bertanya guru PPKn SMP Negeri 4 Pariaman berada pada kategori baik dengan persentase 74.11%. (2) Keterampilan memberikan penguatan guru PPKn SMP Negeri 4 Pariaman berada pada kategori baik dengan persentase 74.27 %. (3) Keterampilan bertanya dan keterampilan memberikan penguatan guru PPKn SMP Negeri 4 Pariaman secara bersamaan berada pada kategori baik dengan persentase 74.18 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 15 Jun 2021 02:18
Last Modified: 15 Jun 2021 02:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31946

Actions (login required)

View Item View Item