Fenomena Perilaku dan Sikap Moral Anak di Lingkungan Pantai (Studi di Kelurahan Flamboyan Baru Kecamatan Padang Barat RT 01 RW 04)

Dasopang, Marina Aulia (2019) Fenomena Perilaku dan Sikap Moral Anak di Lingkungan Pantai (Studi di Kelurahan Flamboyan Baru Kecamatan Padang Barat RT 01 RW 04). Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_03_MARINA_AULIA_DASOPANG_2570_15052012_2019.pdf

Download (187kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan lingkungan sosial anak yang tinggal di pantai purus Kelurahan Flamboyan Baru Kecamatan Padang Barat, Menggambarkan dampak lingkungan sosial pantai terhadap sikap moral anak di Kelurahan Flamboyan Baru Kecamatan Padang Barat, dan Mengidentifikasi upaya yang dilakukan dalam mengurangi sikap-sikap moral yang tidak sesuai bagi anakanak di pantai purus Kelurahan Flamboyan Baru Kecamatan Padang Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Informan penelitian adalah anak-anak, orangtua yang memiliki anak usia 8 sampai 15 Tahun, masyarakat sekitar, pembuka masyarakat di Kelurahan Flamboyan Baru Kecamatan Padang Barat dan Pengurus Yayasan Ruang Baca Kreativitas Anak Tanah Ombak. Data ini diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Jenis data dan sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, display data/penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permasalahan pertama, di lihat dari segi kondisi lingkungan sosial anak yang tinggal di pantai purus Kelurahan Flamboyan Baru Kecamatan Padang Barat dapat di gambarkan sebagai berikut: 1.) Rutinitas/Kegiatan Orangtua. 2.) Lingkungan tempat bermain. 3.) Masih terdapat anak yang putus sekolah. Permasalahan kedua, di lihat dari segi dampak lingkungan sosial pantai terhadap sikap moral anak di Kelurahan Flamboyan Baru Kecamatan Padang Barat dapat digambarkan sebagai berikut: 1.) Kurangnya sopan santun dalam berbicara. 2.) Mudah terpengaruh dengan perilaku teman-teman sebaya. 3.) Tidak peduli terhadap pendidikan. Adapun upaya yang dapat dilakukan dalam mengurangi sikapsikap moral yang tidak sesuai bagi anak-anak di pantai purus Kelurahan Flamboyan Baru Kecamatan Padang Barat yaitu: 1.) Meningkatkan Kepedulian untuk anak-anak putus sekolah. 2.) Menegakkan pendidikan keagamaan secara informal sepert TPA. 3.) Mendorong partisipasi orangtua dalam pendidikan anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 15 Jun 2021 02:18
Last Modified: 15 Jun 2021 02:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31944

Actions (login required)

View Item View Item