Upaya MGMP dalam Meningkatkan Kemampuan Kerjasama untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru PPKn SMP di Kota Padang

Roni, M. (2019) Upaya MGMP dalam Meningkatkan Kemampuan Kerjasama untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru PPKn SMP di Kota Padang. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_03_M-RONI_542_14052028_2019.pdf

Download (261kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PPKn di kota Padang dan untuk mendeskripsikan Upaya MGMP dalam Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru PPKn. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian dilakukan di Sekretariat MGMP. Informan dalam penelitian ini di ambil secara purposive sampling dengan menetapkan beberapa orang informan kunci (key informants). Jenis data terdiri dari data primer dan sekunder, dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi dan Member Check. Teknik analisa data melalui cara pengumpulan data, mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian Menunjukan bahwa: 1) Bentuk-bentuk kegiatan MGMP diantaranya pertemuan rutin bulanan yaitu 8 kali dalam 1 semester. Isi pertemuan merupakan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme guru, diantaranya kerjasama untuk meningkatkan kemampuan dalam pengembangan perangkat pembelajaran dan mencari solusi kesulitan yang dihadapi oleh guru Kemudian kegiatan MGMP mata pelajaran PPKn SMP/MTs Kota Padang mendatangkan narasumber dari luar yang kompeten. Pelatihan yang diadakan ada yang bersifat internal yaitu untuk seluruh anggota dan eksternal yaitu mengikuti pelatihan yang diadakan oleh Dinas Pendidikan, seperti workshop dan seminar. Dan 2) Upaya MGMP dalam Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru PPKn. Didalam meningkatkan kemampuan kerjasama melalui aktivitas musyawarah guru mata pelajaran yaitu terdapat tiga upaya yang diterapkan untuk meningkatkan profesionalisme guru, upaya musyawarah/diskusi, upaya seminar, dan workshop.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 15 Jun 2021 02:18
Last Modified: 15 Jun 2021 02:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31942

Actions (login required)

View Item View Item