Fenomena Perilaku Anak yang Orang Tuanya Bekerja Di Luar Negeri (studi di Kengarian Tuik IV Koto Mudiek Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan)

Saputra, Heki Mandri (2019) Fenomena Perilaku Anak yang Orang Tuanya Bekerja Di Luar Negeri (studi di Kengarian Tuik IV Koto Mudiek Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan). Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_03_HEKI_MANDRI_SAPUTRA_405_14052074_2019.pdf

Download (249kB) | Preview

Abstract

Penelitan ini di latar belakangi oleh banyaknya orang tua yang bekerja di luar negeri sehingga kurang terkontrolnya anak secara penuh yang menyebabkan anak melakkan perilaku negatif seperti main judi serta membawa motor dengan kecepatan tinggi. Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana fenomena perilaku anak yang orang tuaya bekerja diluar nageri dalam segi perilaku moral serta perilaku sosial anak yang orang tuanya bekerja di luar negeri di Kenagarian Tuik IV Koto Mudiek Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini mengguanakan metode mixed methods yaitu gabungan antara metode kuantutatif dan kualitatif. Populasi sebanyak 37 anak yang orang tuanya bekerja diluar negeri, sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling dimana populasi sama banyak dengan sampel, sedangkan Informan sebanyak 15 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku moral anak yang orang tuanya bekerja di luar negeri di kenagarian Tuik IV Koto Mudiek Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan dapat di katagorikan cukup baik hal itu di tunjukkan bahwa moral anak di lingkugan keluarga anak mengucapkan salam mau masuk maupun keluar rumah di lingkugan masyarakat anak mematuhi aturan-aturan yang ada di lingkugan masyarakat adapun perillaku moral negatiff dilingkugan masyarakat yang di lakukan ialah beberapa anak ikut serta dalam kegiatan perjudian serta membawa motor dengan kecepatan tinggi. Sedangkan perilaku sosial anak laki-laki suka ikut gotong royong apabila ada kegiatan gotong royong kepemudaan serta mempunyai rasa simpati apabila ada mengalami kemalangan. Dapat disimpulkan perilaku anak yang orang tuanya bekerja di luar negeri dari perilaku moral dan sosial anak dapat bersikap baik menuruti mengucapkan salam ketika masuk rumah, menghormati orang yang lebih tua serta mempunyai rasa simpati di lingkugan masyarakat walaupun tidak semua anak mempuyai rasa simpati. Saran kepada anak yang orang tuanya bekerja di luar negeri, belajar menjadi peribadi yang lebih dewasa dari anak-anak lainnya, bagi masyarakat memberikan peneguran jika ada anak yang terlihat melanggar peraturan dari tata krama masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 15 Jun 2021 02:17
Last Modified: 15 Jun 2021 02:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31935

Actions (login required)

View Item View Item