Tradisi Pacu Itiak dalam Melestarikan Nilai-nilai Budaya di Kelurahan Aur Kuning Kecamatan Payakumbuh Selatan Kota Payakumbuh

Purnama, Frea (2019) Tradisi Pacu Itiak dalam Melestarikan Nilai-nilai Budaya di Kelurahan Aur Kuning Kecamatan Payakumbuh Selatan Kota Payakumbuh. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kendala-kendala dalam melaksanakan nilai-nilai budaya dalam tradisi pacu itiak di Kelurahan Aur Kuning Kecamatan Payakumbuh Selatan Kota Payakumbuh. Tujuan penelitian ini adalah untuk Untuk mendeskripsikan nilai nilai tradisi pacu itiak di kelurahan Aur Kuning Kecamatan Payakumbuh Selatan Kota Payakumbuh. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Penentuan informan dalam penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling. Jenis data terdiri dari data primer dan data sekunder, dikumpulkan melalui wawancara dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik ketekunan pengamatan dan teknik triangulasi. Teknik analisa data melalui cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) bentuk dari nilai-nilai budaya dalam tradisi pacuitik ini terdapat nilai harmonis, nilai kekeluargaan, nilai musyawarah dan nilai kompetisi/persaingan. Bentuk nilai-nilai ini sudah terlaksana dalam tradisi pacu itiak namun belum seluruhnya optimal. 2) kendala-kendala dalam melaksanakan nilai-nilai budaya dalam tradisi pacu itiak yaitu terjafinya konflik antar peserta dan peserta dengan panitia dan rendahnya kesadaran masyarakatdalam memaknai nilai-nilai yangterkandung dalam tradisi pacu itiak. Kendala ini terjadi karena kurang adanya landasan dalam pemahaman tradisi pacu itik. . 3) upaya yang dilakukan untuk melestarikan nilai-nilai budaya dalam tradisi pacu itiak dengan cara pertama ikut berpartisipasi apabila ada kegiatan dalam rangka pelestarian tradisi, kedua mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa tradisi pacu itik ini merupakan fenomena unik yang patut untuk dijaga kelestariannya dan dipertahankan keasliannya karna tradisi pacu itik merupakan satusatunya yang ada diIndonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 11 Jun 2021 02:23
Last Modified: 11 Jun 2021 02:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31876

Actions (login required)

View Item View Item