Peran dan fungsi wali kelas dalam pembinaan perilaku siswa di SMP Negeri 33 Padang

Petriani, Elvira (2019) Peran dan fungsi wali kelas dalam pembinaan perilaku siswa di SMP Negeri 33 Padang. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_03_ELVIRA_PETRIANI_2601_15052057_2019.pdf

Download (230kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan peran dan fungsi wali kelas dalam pembinaan perilaku siswa SMP Negeri 33 Padang. Mendeskripsikan kendala wali kelas dalam melakukan pembinaan perilaku siswa di SMP Negeri 33 Padang. Mendeskripsikan upaya wali kelas dalam melakukan pembinaan perilaku siswa di SMP Negeri 33 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan kualitatif. Informan penelitian adalah kepala sekolah SMP Negeri 33 Padang, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, dan wali kelas SMP Negeri 33 Padang. Data ini diperoleh melalui observasi. wawancara dan studi dokumentasi. Jenis data dan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini pelaksanaan peran wali kelas dalam melakukan pembinaan perilaku siswa di SMP Negeri 33 Padang yaitu wali kelas melakukan pembinaan perilaku siswa melalui mengumpulan data, fakta dan informan data siswa, pemanggilan orang tua siswa/wali dan menggelola kelas. Sedangkan pelaksanaan fungsi wali kelas dalam melakukan pembinaan perilaku siswa di SMP Negeri 33 Padang yakitu wali kelas dalam melakukan pembinaan perilaku siswa memberikan motivasi kepada siswa, menyelenggarakan administrasi kelas dan pembagian rapor setiap semester. Terdapat beberapa kendala yang dihadapi oleh wali kelas dalam melakukan pembinaan perilaku siswa di SMP Negeri 33 Padang. kendala tersebut berasal dari dua pihak yaitu pihak siswa dan pihak wali kelas. Adapun kendala dari pihak siswa melalui perilaku siswa yang tidak memberikan surat panggilan orang tua kepada orang tuanya sehingga orang tua tersebut tidak memenuhi panggilan dari pihak sekolah dalam rangka mendiskusikan perilaku anaknya. Kendala lain yakni kurangnya kepercayaan orang tua terhadap laporan dari sekolah mengenai perilaku anaknya karena bagi orangtua tersebut perilaku anaknya tidak pernah bermasalah. Sedangkan kendala dari pihak wali kelas ialah banyaknya jam pembelajaran bagi wali kelas, wali kelas hanya sibuk dengan kehadiran dan nilai siswanya tanpa melakukan menelusuri penyebabnya secara mendalam. Upaya wali kelas dalam melakukan pembinaan pada siswanya di SMP Negeri 33 Padang yaitu melakukan pendekatan terhadap siswa serta mengkomunikasikan perilaku siswa dengan orang tuanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 11 Jun 2021 02:22
Last Modified: 11 Jun 2021 02:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31869

Actions (login required)

View Item View Item