Pengembangan Modul Fisika Berbasis Konstruktivis dalam Pembelajaran Inkuiri pada MateriFluida Kelas XI SMA

Yanti, Yulfia Syafri (2020) Pengembangan Modul Fisika Berbasis Konstruktivis dalam Pembelajaran Inkuiri pada MateriFluida Kelas XI SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_YULFIA_SYAFRI_YANTI_15033024_2357_2020.pdf

Download (448kB) | Preview

Abstract

Dari hasil analisis dua buku ajar fisika SMA sekota Padang dengan menggunakan instrumen penilaian indikator inkuri diperoleh bahwa buku tersebut baru memfasilitasi 47% (dengan kriteria kurang) kegiatan inkuiri. Jadi, kedua buku belum memvasilitasi untuk belajar secara inkuiri. Salah satu solusi yang dilakukan adalah membuat modul fisika berbasis konstruktivis dalam pembelajaran inkuiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan validitas dan kepraktisan dari modul fisika berbasis konstruktivis dalam pembelajaran inkuiri pada pokok bahasan fluida kelas XI SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian R&D (Research and Development) yang dikembangkan oleh Sugiyono yang terdiri atas 10 langkah. Langkah-langkah penelitian R&D diantaranya potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk, uji coba produk, dan revisi produk. Pada penelitian ini dibatasi sampai revisi produk setelah uji coba produk (praktikalitas). Uji yang dilakukan untuk melihat kelayakan modul yang didesain yaitu uji validitas dan praktikalitas. Uji validitas dilakukan oleh 3 orang tenaga ahli (validator) yang melakukan penilaian pada enam komponen validasi terhadap modul yang didesain. Pada uji praktikalitas dilakukan oleh guru fisika (3 orang) dan siswa kelas XI IPA SMAN 12Padang (15 orang). Uji validitas terdiri atas enam komponen yaitu uji kelayakan isi,kelayakan konstruksi, kelayakan inkuiri, kelayakan bahasa, tampilan modul, dan kelayakan kosntruktivis, dengan rata- rata keseluruhan yaitu 82% pada kategori sangat valid. Uji praktikalitas yang didapat dari respon guru pada enam indikator praktikalitas yaitu isi modul, sajian dalm modul,kemudahan dalm modul manfaat modul, sajian komponen inkuiri,dan komponen konstruktivis dengan rata- rata keseluruhan yaitu 81% pada kategori sangat praktis. Sedangkan respon siswa pada keenam indikator praktikalitas dengan rata- rata keseluruhan yaitu 85% pada kategori sangatpraktis. Jadi, modul fisika berbasis konstruktivis dalam pembelajaran inkuiri ini pada kategori sangat valid dan sangat praktis sehingga bisa digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 10 May 2021 06:51
Last Modified: 10 May 2021 06:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31448

Actions (login required)

View Item View Item