Peningkatan Kemampuan Menentukan Nilai Tempat Bilangan Melalui Media Tangga Pintar Bagi Anak Kesulitan Belajar Berhitung Kelas IV di SDN 06 Batang Anai

Ananda, Yola and Damri, Damri (2021) Peningkatan Kemampuan Menentukan Nilai Tempat Bilangan Melalui Media Tangga Pintar Bagi Anak Kesulitan Belajar Berhitung Kelas IV di SDN 06 Batang Anai. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5 (2). pp. 1138-1146. ISSN Print: 2614-3038 / Online: 2579-9258

[img]
Preview
Text
DAMRI_Nilai_Tempat_Bilangan_2021.pdf

Download (204kB) | Preview
Official URL: https://www.j-cup.org/index.php/cendekia/article/v...

Abstract

Penelitian ini berawal dari ditemukan seorang anak kesulitan berhitung kelas IV di SDN 06 Batang Anai. Ia tidak mampu menjawab soal latihan dengan benar hanya bisa menerka-nerka, inilah penyebab ia belum memahami konsep dasar berhitung terutama dalam menentukan nilai tempat bilangan. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan menentukan nilai tempat bilangan dengan menggunakan media tangga pintar. Penelitian ini menggunakan metode single subject research (SSR) dengan desain A-B-A, kegiatan baseline (A1) dilaksanakan empat kali pertemuan, kegiatan intervensi (B) dilaksanakan tujuh kali pertemuan dan kegiatan baseline kedua (A2) dilaksanakan lima kali pertemuan. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes perbuatan, selanjutnya dianalisis menggunakan visual grafik dalam bentuk persentase. Hasil yang diperoleh pada kegiatan baseline (A1) dalam menentukan nilai tempat bilangan diperoleh persentase 33%, 44%, 44% dan 44%, untuk menentukan nilai angka bilangan diperoleh persentase 22%, 33%, 33% dan 33%. Hasil kegiatan intervensi (B) untuk menentukan nilai tempat bilangan diperoleh persentase 44%, 55%, 44%, 66%, 77%, 77% dan 77%, untuk menentukan nilai angka diperoleh persentase 44%, 55%, 66%, 66%, 88%, 88%, dan 88%. Hasil kegiatan baseline kedua (A2) dalam menentukam nilai tempat bilangan diperoleh persentase 66%, 77%, 88%, 88%, dan 88%, untuk menentukan nilai angka diperoleh persentase 55%, 77%, 88%, 88% dan 88%. Berdasarkan hasil penelitian diatas jelas bahwa penggunaan media tangga pintar dalam menentukan nilai tempat bilangan efektif digunakan untuk siswa kesulitan belajar berhitung.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 10 May 2021 03:52
Last Modified: 10 May 2021 03:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31446

Actions (login required)

View Item View Item