Hubungan Metode Pengasuhan Orangtua pada Anak dengan Perkembangan Kepercayaan Diri Anak Usia 6-7 Tahun di Anak Air Kelurahan Batipuh Panjang Kota Padang

Yovita, Yesi (2020) Hubungan Metode Pengasuhan Orangtua pada Anak dengan Perkembangan Kepercayaan Diri Anak Usia 6-7 Tahun di Anak Air Kelurahan Batipuh Panjang Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_YESI_YOVITA_16005036_2570_2020.pdf

Download (396kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya perkembangan kepercayaan diri anak usia 6-7 tahun di Anak Air Kelurahan Batipuh Panjang Kota Padang. Diduga penyebab rendahnya perkembangan kepercayaan diri anak tersebut salah satunya karena penerapan metode pengasuhan oleh orang tua kurang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menggambarkan metode pengasuhan yang diterapkan orang tua pada anak; 2) menggambarkan kepercayaan diri anak usia 6- 7 tahun; dan 3) melihat hubungan metode pengasuhan oleh orang tua dengan perkembangan kepercayaan diri anak usia 6-7 tahun di Anak Air Kelurahan Batipuh Panjang Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini ialah anak berusia 6-7 tahun dan ibunya. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data mengunakan angket dan cek observasi perkembangan kepercayaan diri anak, data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan rumus korelasiproduct-moment. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) metode pengasuhan yang diterapkan oleh orang tua pada anak usia 6-7 tahun masih belum tepat dan tidak konsisten; 2) perkembangan kepercayaan diri anak usia 6-7 tahun masih rendah; dan 3) terdapat hubungan yang signifikan antara metode pengasuhan orang tua dengan perkembangan kepercayaan diri anak usia 6-7 tahun di Anak Air Kelurahan Batipuh Panjang Kota Padang. Saran penelitian yaitu: 1) diharapkan kepada orang tua di Anak Air Kelurahan Batipuh Panjang Kota Padang untuk dapat memperhatikan dan konsisten dalam menerapkan metode pengasuhan pada anak sehingga dapat berkontribusi dalam perkembangan kepercayaan diri anak sesuai dengan yang diharapkan; dan 2) diharapkan peneliti selanjutnya dapat menemukan ataupun meneliti variabel lain yang berpengaruh terhadap perkembangan kepercayaan diri anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 10 May 2021 04:33
Last Modified: 10 May 2021 04:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31445

Actions (login required)

View Item View Item