Deskripsi Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa dalam Pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing Materi Hukum Dasar Kimia

Mairoza, Yeltri (2020) Deskripsi Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa dalam Pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing Materi Hukum Dasar Kimia. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_YELTRI_MAIROZA_16035135_2377_2020.pdf

Download (382kB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 menuntut siswa untuk mempunyai keterampilan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS). Model pembelajaran yang digunakan sesuai tuntutan kurikulum dalam mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah model inkuiri terbimbing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa dalam model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi hukum dasar kimia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) yang menggunakan analisis deskriptif. Data yang digunakan adalah data sekunder yaitu jurnal ilmiah yang bereputasi. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode dokumentasi dengan mencari dan menggali data literatur yang berkaitan dengan rumusan masalah. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode Miles dan Huberman. Aktivitas dalam analisis data pada metode Miles dan Huberman, yaitu reduksi data (reduction), penyajian data (display), dan kesimpulan (conclusion drawing). Keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa dalam pembelajaran model inkuiri terbimbing pada materi hukum dasar kimia dapat dilihat pada tahap eksplorasi yaitu muncul level berpikir mencipta (C6) karena siswa merumuskan hipotesis. Pada tahap pembentukan konsep muncul level berpikir mengevaluasi (C5) karena siswa melakukan percobaan, mengambil data hasil percobaan dan menganalisis data hasil percobaan untuk menjawab hipotesis. Pada tahap aplikasi akan muncul HOTS ketika siswa menjawab soal- soal pada lembar kerja siswa, soal-soal yang terdapat di dalam lembar kerja siswa tentunya bervariasi memungkinkan dari level berpikir C1-C6. Pada tahap penutup muncul level berpikir mengevaluasi (C5) karena siswa membuat kesimpulan akhir dari kegiatan pembelajaran sebelumnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 10 May 2021 03:20
Last Modified: 10 May 2021 03:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31442

Actions (login required)

View Item View Item