Pengembangan Bahan Ajar Fisika Bermuatan Literasi Saintifik pada Materi Momentum, Impuls Dan Getaran Harmonis Untuk Kelas X SMA/MA

Emilya, Wulanda Tri (2020) Pengembangan Bahan Ajar Fisika Bermuatan Literasi Saintifik pada Materi Momentum, Impuls Dan Getaran Harmonis Untuk Kelas X SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_WULANDA_TRI_EMILYA_15033084_3358_2020.pdf

Download (475kB) | Preview

Abstract

Tuntutan Era revolusi industri 4.0 mengubah cara pandang tentang pendidikan. Perubahan yang dilakukan tidak hanya sekadar cara mengajar, tetapi jauh yang lebih esensial, yakni perubahan cara pandang terhadap konsep pendidikan itu sendiri. Abad ke-21 ditandai dengan era revolusi industry 4.0 sebagai abad keterbukaan atau abad globalisasi, artinya kehidupan manusia pada abad ke-21 mengalami perubahan-perubahan yang fundamental yang berbeda dengan tata kehidupan dalam abad sebelumnya. Pada Abad ke-21 mengharuskan anak mampu mengakses, memahami, dan menggunakan aktivitas melalui proses membaca, menulis, melihat, dan menyimak (literasi). Dari observasi yang dilakukan guru sudah mengintegrasikan literasi, hanya saja literasi yang dilakukan sebatas literasi dasar yaitu literasi tulis dan baca. Agar literasi terintegrasi dalam pembelajaran fisika maka dibutuhkan sarana penunjangnya. Salah satunya adalah bahan ajar. Bahan ajar yang dibuat bermuatan literasi saintifik pada materi momentum, impuls dan getaran harmonik sederhana. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar bermuatan literasi saintifik pada materi momentum, impuls dan getaran harmonik sederhana serta mengetahui validitas dari bahan ajar tersebut. Jenis penelitian adalah Research and Development (R&D). Langkah-langkah penelitian dan pengembangan sesuai dengan pendapat Plomp. Objek penelitiannya adalah bahan ajar bermuatan literasi saintifik. Bahan ajar ini memuat informasi pendukung, lembar kerja (LK) dan evaluasi yang bermuatan literasi saintifik pada materi Momentum, Impuls dan Getaran Harmonik Sederhana kelas X. Instrumen pengumpul data yang digunakan adalah lembar uji validasi untuk menentukan validitas produk. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yang digambarkan melalui grafik. Pembobotan dilakukan berdasarkan skala Likert. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh bahan ajar bermuatan literasi saintifik pada materi momentum, impuls dan getaran harmonik sederhana yang valid. Produk divalidasi oleh tenaga ahli yaitu Dosen Fisika Universitas Negeri Padang, dengan lembar uji validitas yang terdiri dari empat komponen penilaian. Produk ini dengan kategori sangat tinggi artinya bahan ajar bermuatan literasi saintifik pada materi momentum, impuls dan getaran harmonik sederhana yang valid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 10 May 2021 03:19
Last Modified: 10 May 2021 03:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31439

Actions (login required)

View Item View Item