Pengaruh Penggunaan LKPD Dalam Model Kooperatif Tipe Think Talk Write terhadap Peningkatan Keterampilan Collaboration Peserta Didik pada Kelas X SMAN 1 Pariaman

Oktavia, Weni (2020) Pengaruh Penggunaan LKPD Dalam Model Kooperatif Tipe Think Talk Write terhadap Peningkatan Keterampilan Collaboration Peserta Didik pada Kelas X SMAN 1 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_WENI_OKTAVIA_1301630_2322_2020.pdf

Download (377kB) | Preview

Abstract

Pencapaian hasil belajar Fisika peserta didik khususnya aspek keterampilan yang belum optimal salah satu penyebabnya karena peserta didik kurang dilibatkan dalam mengikuti proses pembelajaran dan kurang mampu berkolaborasi. Disamping itu penggunaan bahan ajar dalam belajar masih belum beragam dan belum sepenuhnya digunakan. Oleh sebab itu, peneliti menggunakan LKPD dalam model Kooperatif tipe Think Talk Write sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan kemampuan kolaborasi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan LKPD dalam Model Kooperatif Tipe Think Talk Write terhadap Peningkatan Keterampilan Collaboration Peserta Didik pada Kelas X SMAN 1 Pariaman. Jenis penelitian yang digunakan ialah quasi eksperimen dengan desain penelitian randomized control group only design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas X MIPA 1 sampai dengan X MIPA 5 yang diajar oleh guru yang sama dengan jumlah jam yang sama di SMAN 1 Pariaman yang terdaftar pada tahun 2019/2020. Teknik yang digunakan untuk mengambil sampel adalah teknik purposive sampling. Data penelitian yang digunakan berupa data hasil belajar peserta didik untuk kompetensi keterampilan Collaboration. Instrumen penelitian dalam bentuk lembar penilaian unjuk kerja. Data penelitian dianalisis dengan uji kesamaan dua rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar Fisika untuk kompetensi keterampilan Collaboration kelas eksperimen 80,06 dan kelas kontrol 68,90. Kesimpulan penelitian adalah terdapat pengaruh penggunaan LKPD dalam Model Kooperatif Tipe Think Talk Write terhadap Peningkatan Keterampilan Collaboration Peserta Didik pada Kelas X SMAN 1 Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 06 May 2021 06:41
Last Modified: 06 May 2021 06:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31431

Actions (login required)

View Item View Item