Ketenagakerjaan Bagi Penyandang Disabilitas di Kota Padang (Studi Hak Penyandang Disabilitas Dalam Perda Kota Padang No 3 Tahun 2015 Tentang Pemenuhan Dan Perlindungan Hak-Hak Penyandang Disabilitas).

Sadri, Harbi (2021) Ketenagakerjaan Bagi Penyandang Disabilitas di Kota Padang (Studi Hak Penyandang Disabilitas Dalam Perda Kota Padang No 3 Tahun 2015 Tentang Pemenuhan Dan Perlindungan Hak-Hak Penyandang Disabilitas). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_A_HARBI_SADRI_16052068_744_2021.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh minimnya penyandang disabilitas mendapatkan kesempatan kerja di Instansi Daerah Kota Padang dan Pemerintah Kota Padang dalam memenuhi kuota 2% mempekerjakan penyandang disabilitas belum maksimal. Serta perluasan kesempatan kerja bagi penyandang disabilitas dalam bentuk usaha mandiri yang produktif dan berkelanjutan serta pengembangan usaha ekonomi penyandang disabilitas melalui kerjasama dengan pelaku usaha lain dan melalui pengalokasian sebagian proses produksi atau distribusi pelaku usaha lain kepada disabilitas masih memiliki permasalahan dalam prosesnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran mengenai bentuk implementasi Perda Kota Padang No 3 Tahun 2015 tentang Pemenuhan Dan Perlindungan Hak-Hak Penyandang Disabilitas, Pasal 29 huruf a, b, c, d, dan faktor yang mempengaruhi proses implementasinya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan deskriptif dengan teknik pengumpulan data, observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik penentuan informan menggunakan teknik Purposive Sampling, terdiri dari BKPSDM Kota Padang, Dinas Sosial Kota Padang dan DPRD Kota Padang serta beberapa disabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah langkah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Temuan penelitian ini menunjukan bahwa tujuan dari kebijakan pemberian kesempatan kerja bagi penyandang disabilitas adalah untuk meningkatkan kesejahteraan, eksistensi dan peningkatan lingkungan kerja yang lebih baik. Sedangkan tujuan dari kebijakan melakukan perluasan kesempatan kerja melalui pengembangan usaha ekonomi penyandang disabilitas adalah untuk membangun kemandirian dan meningkatkan kesejahteraan disabilitas. Berdasarkan temuan pelaskanaaan kebijakan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Padang belum maksimal. Faktor yang mempengaruhi pemberian kesempatan kerja adalah faktor kepentingan dan faktor letak pengambilan keputusan. Sedangkan faktor yang mempengaruhi pengembangan usaha ekonomi disabilitas adalah faktor strategi, dan kejelasan pelaksana kebijakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 06 May 2021 02:07
Last Modified: 06 May 2021 02:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31419

Actions (login required)

View Item View Item