Analisis Sajian LKSFisika Kelas X Semester 1 Terkait Komponen Higher Order Thinking Skills(HOTS

Fahilah, Suryani (2020) Analisis Sajian LKSFisika Kelas X Semester 1 Terkait Komponen Higher Order Thinking Skills(HOTS. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_SURYANI_FADHILAH_16033080_1659_2020.pdf

Download (577kB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 menuntut guru untuk mendorong siswa agar berpikir tingkat tinggi dan memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi yang dikenal dengan Higher Order Thinking Skills (HOTS). Untuk mencapai hal tersebut guru harus menggunakan komponen pembelajaran dengan orientasinya melatih siswa berpikir tingkat tinggi. Salah satu alat bantu untuk siswa adalah bahan ajar dalam bentuk LKS. LKS yang berbasis HOTS dapat membantu siswa untuk melatih dirinya dapat berfikir Higher Order Thinking Skills (HOTS). Hasil observasi awal menunjukkan bahwa LKS yang digunakan di SMA Negeri yang ada di Sumatera Barat masih beragam dan tidak diketahui apakah sudah berbasis HOTS tau belum. Sajian LKS yang digunakan siswa sebaiknya diperhatikan oleh guru sehingga LKS yang berbasis HOTS dapat menjadi alat bantu dalam memenuhi salah satu tuntutan kurikulum dimana siswa harus dapat berfikir tingkat tinggi. Maka dari itu dilakukan penelitian analisis sajian LKS Fisika kelas X semester I terkait komponen HOTS. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Populasi data dalam penelitian ini adalah seluruh LKS Fisika SMA kelas Xsemester I yang digunakan 23 sekolah di Sumatera Barat.Teknik pemilihan sampel sekolah dipilih sekolah dengan kategori tinggi, kategori sedang dan kategori rendah setiap daerah di wilayah Sumatera Barat berdasarkan hasil UN tahun 2019 dari jumlah populasi SMA yang ada di Sumatera Barat Sebanyak 140 SMA Negeri. Pengambilan sampel untuk sekolah dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sementara pengambilan sampel untuk LKS yang akan dianalisis menggunakan teknik sampling jenuh atau total sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah semua LKS Fisika SMA Kelas X Semester 1 yang digunakan oleh sampel sekolah yang diterbitkan oleh dua penerbit yang berbeda dan empat LKS yang dibuat oleh guru mata pelajaran Fisika. Data pada penelitian ini diambil menggunakan instrumen analisis sajian LKS dan teknik pengumpulan data melalui studi dokumentasi. Berdasarkan analisis yang dilakukan, dapat disimpulkan analisis terhadap sajian LKS Fisika SMA kelas X Semester I terkait ketersediaan komponen HOTS didapatkan hasil bahwa LKS yang memperoleh persentase dengan keterpenuhan indikator pada komponen HOTS tertinggi yaitu LKS yang dibuat oleh guru mata pelajaran SMAN 12 Padang39%. Dimana dari hasil analisis , LKS ini sudah memfasilitasi pada indikator pemecahan masalah, berfikir kritis dan berfikir kreatif. Sedangkan LKSFisika yang mendapatkan persentase dengan keterpenuhan indikator pada komponen HOTS terendah yaitu LKS terbitan CV Grahadi14%.Hal ini karena semua indikator HOTS yang seharusnya terpenuhi termasuk dalam kategori tidak memfasilitasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 05 May 2021 04:24
Last Modified: 05 May 2021 04:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31402

Actions (login required)

View Item View Item