Pengaruh ModelDiscovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 1 Padang Panjang

Rahayu, Suci Anggelya Sri (2020) Pengaruh ModelDiscovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 1 Padang Panjang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_SUCI_ANGGELYA_SRI_RAHAYU_16029133_2492_2020.pdf

Download (442kB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika. Pentingnya kemampuan pemecahan masalah matematis bagipeserta didik bukanlah hanya suatu tujuan dari belajar matematika, namun juga merupakan alat utama untuk melakukan proses belajar itu sendiri. Kenyataan yang ditemukan di sekolah kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik masih rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan model Discovery Learning. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang menggunakan model Discovery Learning lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional serta bagaimana perkembangan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model Discovery Learning di kelas VIII SMPN 1 Padang Panjang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan apakah kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang menggunakan model Discovery Learning lebih baik dari pada kemampuan peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional. Metode penelitian adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian adalah quasi experiment (eskperimen semu) dengan rancangan Randomized Control-Grup Only Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling, dan terpilih kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis data hasil penelitian bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model Discovery Learning lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 1 Padang Panjang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh model Discovery Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VIII SMPN 1 Padang Panjang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 04 May 2021 03:03
Last Modified: 04 May 2021 03:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31398

Actions (login required)

View Item View Item