Pengembangan Permainan Scrabble Kimia sebagai Media Pembelajaran Materi Termokimia Kelas XI SMA/ MA

Humaira, Silvinia (2020) Pengembangan Permainan Scrabble Kimia sebagai Media Pembelajaran Materi Termokimia Kelas XI SMA/ MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_SILVINIA_HUMAIRA_16035077_2382_2020.pdf

Download (406kB) | Preview

Abstract

Permainan scrabble kimia merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan sebagai variasi latihan untuk memantapkan konsep peserta didik terhadap materi termokimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media permainan scrabble kimia sebagai media pembelajaran pada materi termokimia dan menentukan tingkat validitas dan praktikalitasnya berdasarkan fungsi media dan ciri media praktis. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4-D yang terdiri dari tahap define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Penelitian ini dibatasi sampai tahap develop dengan melakukan uji validitas dan praktikalitas permainan scrabble kimia yang dikembangkan. Pengambilan data dilakukan menggunakan angket validasi terhadap 5 orang validator yaitu: dua orang dosen jurusan Kimia FMIPA UNP, dua orang guru kimia di MAN 1 Pesisir Selatan, dan satu orang guru kimia di SMAN 2 Bayang. Penentuan tingkat praktikalitas diperoleh dari dua orang guru kimia MAN 1 Pesisir Selatan, 15 orang peserta didik kelas XII MAN 1 Pesisir Selatan, dan 5 orang peserta didik kelas XII SMAN 1 Bayang. Instrumen yang digunakan yaitu angket praktikalitas. Peserta didik diminta untuk menggunakan permainan scrabble kimia dan mengisi angket praktikalitas. Teknik analisis data menggunakan formula Kappa Cohen. Hasil analisis data diperoleh bahwa permainan scrabble kimia sebagai media pembelajaran pada materi termokimia memiliki tingkat validitas sebesar 0,83 dengan kategori sangat tinggi dan tingkat praktikalitas guru sebesar 0,87 dengan kategori sangat tinggi serta tingkat praktikalitas peserta didik 0,80 dengan kategori tinggi. Data tersebut menunjukkan bahwa permainan scrabble kimia yang dikembangkan dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada materi termokimia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 04 May 2021 03:03
Last Modified: 04 May 2021 03:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31395

Actions (login required)

View Item View Item