Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Provinsi Sumatera Barat dengan Menggunakan Analisis Regresi Data Panel

Fransiska, Silvia (2020) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Provinsi Sumatera Barat dengan Menggunakan Analisis Regresi Data Panel. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_SILVIA_FRANSISKA_16030023_2863_2020.pdf

Download (338kB) | Preview

Abstract

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) adalah indikator yang berperan dalam mengukur keberhasilan kualitas hidup manusia. Konsep pembangunan manusia diukur dengan menggunakan pendekatan tiga dimensi dasar manusia, yaitu umur panjang dan sehat, pengetahuan, dan standar hidup sehat. Hingga saat ini, tantangan pembangunan manusia di Indonesia yang masih memerlukan perhatian adalah kesenjangan capaian pembangunan manusia antardaerah. Sehingga diperlukan informasi terkait dengan faktor-faktor apa yang mempengaruhi indeks pembangunan manusia. Penelitian ini menggunakan metode regresi data panel dan jenis data yaitu data sekunder berupa data indeks pembangunan manusia (Y) dan data faktor-faktor yang diduga mempengaruhi yaitu tingkat kemiskinan (X1), angka harapan hidup (X2), rata-rata lama sekolah (X3), harapan lama sekolah (X4) dan pengeluaran perkapita (X5) dari 19 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Sumatera Barat tahun 2012 hingga 2018. Sumatera Provinsi Sumatera Barat dibagi kedalam dua daerah kelompok berdasarkan rata-rata capaian IPM. Daerah kelompok I memiliki rata-rata IPM diatas 70 dan daerah kelompok II memiliki rata-rata IPM dibawah 70. Faktor-faktor yang mempengaruhi IPM Provinsi Sumatera Barat berdasarkan hasil penelitian untuk daerah kelompok I menunjukkan bahwa angka harapan hidup (X2), rata-rata lama sekolah (X3), harapan lamasekolah (X4), pengeluaran perkapita (X5). Dan untuk daerah kelompok II dipengaruhi oleh faktor-faktor yang mempengaruhinya adalah kemiskinan (X1) dan harapan lama sekolah (X4).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 04 May 2021 03:02
Last Modified: 04 May 2021 03:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31390

Actions (login required)

View Item View Item