Perbandingan Hasil belajar Fisika Siswa SMA Negeri 15 Padang Menggunakan E-modul dan Video Berbasis CTL Materi Hukum Newton dan Gravitasi

Hidayatullah, Silmi (2020) Perbandingan Hasil belajar Fisika Siswa SMA Negeri 15 Padang Menggunakan E-modul dan Video Berbasis CTL Materi Hukum Newton dan Gravitasi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_SILMI_HIDAYATULLAH_16033119_1628_2020.pdf

Download (460kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran yang dituntut oleh kurikulum 2013 yaitu pembelajaran kontekstual serta siswa lebih aktif dalam mencari ilmu pengetahuan bukan guru yang merupakan sumber ilmu pengetahuan.Kenyataan dilapangan hasil belajar siswa masih rendah dan belum melibatkan pembelajaran secara kontekstual. Solusi dari permasalahan ini adalah dengan menerapkan sumber belajar yang yang menekankan siswa bisa belajar secara mandiri dan mengkaitkan lingkungan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan E-modul berbasis CTL dan Video pembelajaran berbasis CTL pada SMAN 15 Padang. Jenis Penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian Randomized Posttest Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 15 Padang yang terdaftar pada Tahun Pelajaran 2019/2020. Pengambilan sampel pada penelitian dilakukan dengan mengombinasikan teknik purposive sampling dan cluster random sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X MIA 4 sebagai kelas Eksperimen 1 dan kelas X MIA 5 sebagai kelas Eksperimen 2 sebanyak 72 siswa. Intrumen penelitian terdiri dari lembar observasi sikap sosial siswa dan lembar posttest. Data pada penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis konversi skor ke nilai, statistic deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas serta uji kesamaan dua rata-rata pada taraf nyata 0,05 untuk seluruh kompetensi siswa. Pada analisis data kompetensi sikap , pengetahuan serta keterampilan data terdistribusi normal dan homogen, selanjutnya melalui uji kesamaan dua rata-rata, pada kompetensi sikap didapatkan thitung = 3,32 dan pada kompetesi pengetahuan nilai thitung = 3,87, sedangkan nilai Ttabel(0,975;70)=1,9966 yang membuktikan bahwa nilai thitung lebih besar dari ttabel, dengan kriteria penerimaan Ho jika atau -1,996 < th < 1,996 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Hi diterima, artinya terdapat perbedaan hasil belajar yang berarti antara penerapan E-modul berbasis CTL dengan Video Pembelajaran berbasis CTL.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 04 May 2021 03:02
Last Modified: 04 May 2021 03:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31386

Actions (login required)

View Item View Item