Pembuatan Modul Bermuatan CTL dan Literasi Lingkungan Materi Teori Kinetik Gas dan Termodinamika untuk Siswa Kelas XI SMA

Kumala, Shinta (2020) Pembuatan Modul Bermuatan CTL dan Literasi Lingkungan Materi Teori Kinetik Gas dan Termodinamika untuk Siswa Kelas XI SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_SHINTA_KUMALA__16033031_1656_2020.pdf

Download (427kB) | Preview

Abstract

Pendidikan sangat penting dalam membantu menghadapi perkembangan zaman. Pendidikan dapat membentuk pengalaman belajar untuk dapat menyelesaikan permasalahan. Pemerintah terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan Indonesia. Kondisi nyata menunjukan bahwa analisis penerapan CTL dan literasi lingkungan dalam pembelajaran fisika serta analisis CTL dan literasi lingkungan pada buku teks fisika masih belum optimal. Solusi untuk memecahkan permasalah ini adalah membuat modul bermuatan CTL dan literasi lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan validitas dan praktikalitas modul bermuatan CTL dan literasi lingkungan materi teori kinetik gas dan termodinamika untuk siswa kelas XI SMA. Penelitian yang dilakukan menerapkan model penelitian pengembangan mengacu pada desain Sugiyono. Desain pengembangan Sugiyono yang digunakan terdiri dari tujuh tahap penelitian. Penelitian untuk uji validitas dilakukan di laboratorium fisika UNP dan uji praktikalitas dilakukan di SMAN 14 Padang. Instrumen validitas berbentuk koesioner yang terdiri dari enam aspek penilaian yang dikembangkan menjadi 26 indikator dan dijabarkan menjadi 57 butir penilaian. Instrumen praktikalitas untuk guru dan siswa memuat empat aspek penilaian yang terdiri dari 14 indikator dan dijabarkan menjadi 37 butir penilaian. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat dikemukakan dua hasil penelitian. Pertama, hasil uji validitas oleh tiga dosen ahli yang memberikan nilai rata-rata 87,15 yang menentukan bahwa modul hasil pengembangan valid dengan tingkat validitas baik sekali. Kedua, hasil uji kepraktisan oleh guru dan siswa dengan nilai rata-rata 96,26 dan 89,18. Berdasarkan nilai rata-rata kepraktisan menurut guru dan siswa, modul hasil pengembangan dapat dikatakan praktis dengan tingkat kepraktisan yang baik sekali. Hal ini menunjukan bahwa modul hasil pengembangan praktis digunakan sebagai sumber belajar fisika SMA kelas XI. Mengacu kepada hasil uji validitas dan praktikalitas yang sudah dilakukan dapat disimpulkan bahwa modul hasil pengembangan layak digunakan sebagai sumber belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 04 May 2021 03:02
Last Modified: 04 May 2021 03:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31382

Actions (login required)

View Item View Item