Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Macromedia Flash Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik untuk Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Padang

Darma, Febri Sandy (2021) Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Macromedia Flash Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik untuk Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_FEBRI_SANDY_DARMA_16061063_1198_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penggunaan model pembelajaran konvensional dalam proses belajar mengajar mata pelajaran Mekanika Teknik sering menjadi permasalahan. Hal ini dikarenakan kondisi peserta didik yang bersifat pasif selama kegiatan belajar mengajar berlangsung. Pada pembelajaran konvesional, biasanya guru menyampaikan pelajaran secara teoritis sehingga peserta didik hanya mendengarkan, menulis dan mengerjakan soal tanpa ada bantuan dari aplikasi. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis Macromedia Flash8 yang valid dan praktis dalam mata pelajaran Mekanika Teknik. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development yang terdiri dari 4 tahap yaitu define, Design, develop, dan disseminate. Penelitian ini dibatasi sampai pada tahap 3D saja. Instrument yang digunakan berupa angket penilaian media pembelajaran untuk validator materi, validator media, validator bahasa, serta guru dan siswa. Berdasarkan penilaian terhadap media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Mekanika Teknik oleh semua validator yaitu validator materi dan validator media masuk kedalam kriteria sangat valid sementara validator bahasa masuk kedalam kriteria valid. Penilain praktikalitas yang dilakukan oleh guru diperoleh nilai sebesar 97% dan masuk kedalam kriteria praktis, serta penilaian dari 15 orang siswa diperoleh nilai sebesar 92,8% dan termasuk kedalam kriteria sangat praktis. Bersadarkan hasil penilaian tersebut maka media pembelajaran interaktif yang dihasilkan dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 04 May 2021 03:02
Last Modified: 04 May 2021 03:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31375

Actions (login required)

View Item View Item