Pembuatan Asesmen Autentik Berbasis Model Learning Cycle 5E Bermuatan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Usaha Dan Energi, Momentum Dan Impuls

Selvia, Selvia (2020) Pembuatan Asesmen Autentik Berbasis Model Learning Cycle 5E Bermuatan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Usaha Dan Energi, Momentum Dan Impuls. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_SELVIA_16033030_1641_2020.pdf

Download (311kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran fisika yang dapat menghasilkan peserta didik berkualitas salah satunya dapat dilihat dari proses dan hasil belajarnya. Namun, berdasarkan hasil studi awal dilapangan diperoleh informasi bahwa peserta didik masih mengalami kesulitan dalam mengoptimalkan kemampuan berpikir khususnya kemampuan berrpikir kritis. Hal ini disebabkan karena mereka belum terbiasa dalam menemukan dan menerapkan ide-ide sendiri dengan cara mengoptimalkan cara belajar, dan mengembangkan pola pikir. Selain itu, guru sebagai salah satu komponen utama dalam pembelajaran tidak hanya memberikan pengetahuan kepada peserta didik, tetapi peserta didik juga harus membangun sendiri pengetahuannya melalui soal-soal yang berhubungan dengan kehidupan nyata, sehingga peserta didik dapat lebih paham dan aktif dalam pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti tertarik melakukan penelitian dengan menghasilkan produk berupa asesmen autentik berbasis model learning cycle 5E bermuatan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi usaha dan energi, momentum dan impuls yang valid dan praktis dengan nilai validitas dalam kategori sangat valid dengan nilai rata-rata 87% serta sangat praktis dengan nilai 85,2% menurut guru dan 82,4% menurut peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 04 May 2021 03:01
Last Modified: 04 May 2021 03:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31372

Actions (login required)

View Item View Item