Pembuatan Buku Ajar Terintegrasi Pembelajaran Kontekstual dan Literasi Lingkungan Materi Gelombang dan Alat Optik untuk Siswa SMA Kelas XI

Shidiq, Salma Amalia As (2020) Pembuatan Buku Ajar Terintegrasi Pembelajaran Kontekstual dan Literasi Lingkungan Materi Gelombang dan Alat Optik untuk Siswa SMA Kelas XI. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_SALMA_AMALIA_AS_SHIDIQ_16033116_1657_2020.pdf

Download (420kB) | Preview

Abstract

Pendidikan abad 21 merupakan pendidikan yang menggunakan sistem pembelajaran memanfaatkan lingkungan sebagai media pembelajaran. Siswa menghubungkan, mengalami, dan menerapkan fenomena yang terjadi disekitar siswa dalam pembelajaran. Siswa bekerja sama dalam menemukan suatu fenomena tersebut dan mampu mentransfernya ke ilmu lain seperti teknologi dan lainnya. Pembelajaran yang digunakan salah satunya yaitu pembelajaran kontekstual dan dikuatkan dengan literasi lingkungan siswa. Namun kenyataan pembelajaran di sekolah penerapan pembelajaran kontekstual dan literasi lingkungan masih rendah. Penggunaan buku teks terintegrasi pembelajaran kontesktual dan literasi lingkungan yang dikembangkanlah menjadi solusi untuk meningkatkan sistem pembelajaran untuk siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji kevalidan dan kepraktisan dari buku ajar yang akan digunakan di sekolah. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development/ R&D). Objek penelitian ini adalah buku ajar terintegrasi pembelajaran kontekstual dan literasi lingkungan. Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan pengisian lembar angket penerapan pembelajaran kontekstual, lembar angket validasi yang diisi oleh validator dan lembar praktikalitas yang diisi oleh guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Berdasarkan analisis data dapat dinyatakan buku ajar fisika terintegrasi pembelajaran kontekstual dan literasi lingkunga telah divalidasi oleh tenaga ahli yang ditinjau dari enam komponen yaitu kelayakan isi, kelayakan penyajian, penilaian bahasa, kegrafisan, kontekstual dan literasi lingkungan diperoleh rata-rata nilai validasi adalah 88, dengan kriteria sangat tinggi. Buku ajar dengan uji praktikalitas menurut guru memperoleh nilai rata-rata sebesar 92,5 dan nilai rata-rata uji praktikalitas menurut siswa sebesar 84 dengan kriteria sangat tinggi. Ini artinya buku ajar fisika terintegrasi pembelajaran kontekstual dan literasi lingkungan layak digunakan atau valid dan praktis digunakan oleh guru dan siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 May 2021 03:21
Last Modified: 03 May 2021 03:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31361

Actions (login required)

View Item View Item