Deskripsi Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi yang Menerapkan Perhitungan Kimia dengan Menggunakan Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing

Rushiana, Ruci Aditya (2020) Deskripsi Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi yang Menerapkan Perhitungan Kimia dengan Menggunakan Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_RUCI_ADITYA_RUSHIANA_16035076_2327_2020.pdf

Download (350kB) | Preview

Abstract

Perhitungan kimia merupakan salah satu penyebab sulitnya memahami pembelajaran kimia bagi peserta didik, dalam pembelajaran kimia yang mengandung perhitungan matematis seperti pada materi kesetimbangan kimia, hidrolisis garam dan larutan penyangga, dibutuhkan peran aktif peserta didik pada proses pembelajaran. Penggunaan modul berbasis inkuiri terbimbing dapat mendorong peserta didik untuk aktif selama proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan modul berbasis inkuiri terbimbing pada materi yang menerapkan perhitungan kimia yaitu pada materi kesetimbangan kimia, hidrolisis garam dan larutan penyangga. Jenispenelitianiniadalahpenelitankepustakaan(library research) dengan pendekatan semi-sistematis. Data yang digunakanadalah data sekunderyaitujurnalilmiah bereputasi dan belum bereputasi. Metodepengumpulan data yang digunakanadalahmetodedokumentasi dengan teknik analisa data berupa analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik yang menggunakan modul berbasis inkuiri terbimbing meningkat secara signifikan pada materi kesetimbangan kimia dan hidrolisis garam serta untuk materi larutan penyangga penggunaan modul berbasis inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didikHal ini dikarenakan penggunaan modul pembelajaran yang mengikuti tahapan pembelajaran inkuiri terbimbing yaitu orientasi, eksplorasi, pembentukan konsep, aplikasi, dan penutup.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 May 2021 02:50
Last Modified: 03 May 2021 02:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31360

Actions (login required)

View Item View Item