Meningkatakan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Pada Mata Diklat Pemeliharaaan Kelistrikan Kendaraan Ringan Kelas XI Program Studi Teknik Otomotif Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Padang

Primadana S, Teguh (2021) Meningkatakan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Pada Mata Diklat Pemeliharaaan Kelistrikan Kendaraan Ringan Kelas XI Program Studi Teknik Otomotif Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
9_A_TEGUH_PRIMADANA_S_1302742_594_2021.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan kurangnya pemanfaatan sarana dan prasarana pada saat proses pembelajaran berlangsung dan kecenderungan guru menggunakan metode ceramah saat proses pembelajaran. Mengakibatkan proses pembelajaran hanya berpusat kepada guru dan siswa kurang aktif selama proses pembelajaran, sehingga masih banyak siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research menggunakan model The George Lucas Educational Foundation. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Padang. Sebagai subjek penelitian adalah guru dan siswa di kelas XI Teknik Otomotif Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Padang. Penelitian ini terdapat 2 siklus, sebelum melakukan siklus 1 dilakukan pretest yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Dalam setiap siklus terdapat 6 tahapan yaitu penentuan pertanyaan mendasar, perencanaan proyek, penyusunan jadwal, pengawasan kemajuan proyek, pengujian hasil, dan pengevaluasi pengalaman. Hasil dari analisa data aktivitas belajar siswa pada siklus 1 pertemuan 1 56% dengan kategori cukup, dan pertemuan kedua 65% dengan kategori baik. Pada siklus 2 pertemuan 1 76% dengan kategori baik sekali, dan pertemuan 2 89% dengan kategori baik sekali, dari hasil data yang diambil terjadi peningkatan setiap pertemuannya. Hasil pengambilan data aktifitas guru pada siklus 1 dengan persentase 83% dan siklus 2 dengan persentase 100%. Peningkatan hasil belajar dimana saat pengambilan data pretes didapat hasil dengan jumlah siswa yang lulus berjumlah 6 orang dengan persentase 17% dengan nilai rata-rata 60,6, dan siklus 1 siswa yang lulus berjumlah 22 orang dengan persentase 63%, dengan nilai rata-rata 78,1. Peningkatan hasil belajar terus meningkat di siklus 2 dengan jumlah siswa yang lulus sebanyak 32 orang dengan persentase 91% dengan nilai rata-rata 86,7. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan didapatkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 03 May 2021 02:50
Last Modified: 03 May 2021 02:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31353

Actions (login required)

View Item View Item