Pengembangan Media PembelajaranPowerpointinteraktif Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Larutan Penyangga Kelas XI SMA/MA

Dewi, Riska Septia (2020) Pengembangan Media PembelajaranPowerpointinteraktif Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Larutan Penyangga Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_RISKA_SEPTIA_DEWI_15035041_2383_2020.pdf

Download (326kB) | Preview

Abstract

Menurut kurikulum 2013 materi pelajaran kimia diberikan oleh guru mengunakan pendekatan saintifik, dan berdasarkan sifat materi pelajaran kimia bersifat mutiple representasi. Sehingga tidak bisa diajarkan hanya mengunakan buku cetak. Salah satu media pembelajaran yang dapat menampilkan tiga level representasi kimia dan dapat mengunakan pendekatan saintifik adalah media Powerpointinteraktif. Oleh karena itu dilakukan pengembangan media pembelajaran Powerpoint interaktif berbasis inkuiri terbimbing pada materi larutan penyangga serta mengungkapkan tingkat validitas dan praktikalitasnya sebagai media pembelajaran kimia. Jenis penelitian yang dilakukan adalah pengembangan dengan model 4-D (Define, Design, Develop dan Diseminate). Instrumen penelitian yang digunakan yaitu berupa lembar validasi dan lembar praktikalitas yang akan dianalisis mengunakan Momen kappa cohen Media ini divalidasi oleh 2 orang dosen kimia UNP dan 2 orang guru kimia SMA, kemudian dilanjutkan dengan uji praktikalitas oleh 2 orang guru kimia dan 36 orang siswa/siswikelas XI IPA SMA. Media pembelajaran yang dihasilkan Powerpoint interaktif berbasis inkuiri terbimbing yang menyajikan model dalam tiga level representasi kimia. Berdasarkan hasil analisis data validitas diperoleh rata -rata momen kappa sebesar 0,81 dengan kategori kevalidan sangat tinggi dan hasil data praktikalitas diperoleh rata-rata momen kappa sebesar 0,84 oleh guru dan 0,88 oleh siswa dengan kategori kepraktisan sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 30 Apr 2021 08:00
Last Modified: 30 Apr 2021 08:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31349

Actions (login required)

View Item View Item