Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pemecahan Masalah Model Polya

Agustin, Peri (2021) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pemecahan Masalah Model Polya. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_PERI_AGUSTIAN_17205031_239_2020.pdf

Download (653kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan analisis pendahuluan yang dilakukan di MTSN 3 Kerinci menunjukkan bahwa 1) Kemampuan matematika peserta didik rendah, 2) proses pembelajaran terfokus pada guru, 3) Kurangnya bahan ajar yang dapat digunakan oleh guru untuk mengajarkan pemecahan masalah, 4) Peserta didik merasa jenuh dengan terlalu banyaknya soal dan kurang menariknya sumber belajar yang digunakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan pembelajaran yang berbasis pada pemecahan masalah model Polya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model Plomp yang terdiri dari tiga fase yaitu penelitian pendahuluan, fase pengembangan atau prototyping, dan fase penilaian. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, wawancara, dan tes kemampuan pemecahan masalah. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTSN 3 Kerinci. Berdasarkan hasil analisis data perangkat pembelajaran berbasis pemecahan masalah model Polya telah memenuhi krietria valid dari segi isi dan konstruk. Perangkat pembelajaran sudah praktis dari segi keterlaksanaan dan kemudahan penggunaan oleh guru dan peserta didik. perangkat pembelajaran juga sudah efektif dari segi proses yaitu ketuntasan belajar peserta didik setelah menggunakan perangkat pembelajaran berbasis pemecahan masalah model Polya adalah lebih besar atau sama dengan 66%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis pemecahan masalah model Polya untuk kelas VII MTSN yang telah dihasilkan dapat dinyatakan valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 30 Apr 2021 08:00
Last Modified: 30 Apr 2021 08:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31347

Actions (login required)

View Item View Item