Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan E- Modul Berbasis CTL dan Buku Teks Fisika Kelas X pada Materi Hukum Newton tentang Gerak dan Gravitasi di SMA Negeri 12 Padang

Monica, Ria (2020) Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan E- Modul Berbasis CTL dan Buku Teks Fisika Kelas X pada Materi Hukum Newton tentang Gerak dan Gravitasi di SMA Negeri 12 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_RIA_MONICA_16033114_2748_2020.pdf

Download (422kB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 menuntut penggunaan sumber belajar yang beragam dan dapat membantu siswa belajar secara mandiri. Khususnya untuk pembelajaran fisika yang karakteristiknya menghubungkan materi pembelajaran dengan konteks sehari-hari atau bersifat kontekstual. Kenyataan yang ditemui di lapangan, bahwa sumber belajar yang digunakan adalah buku teks dan belum menggunakan konteks sehari-hari. E-modul berbasis CTL dapat mewakili sumber belajar yang cocok untuk pembelajaran fisika dan membantu siswa belajar secara mandiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan E-modul berbasis CTL dengan buku teks fisika di SMA Negeri 12 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimental. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian terdiri dari 2 kelas sampel dengan total siswa setiap kelas sebanyak 36 siswa. Hasil penelitian dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas, terbukti bahwa data kedua kelas sampel terdistribusi normal dan homogen. Uji kesamaan dua rata-rata yang digunakan adalah uji-t untuk semua aspek hasil belajar (aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan) pada taraf nyata 0,05 dan derajat kebebasan dk 70. Hasil penelitian untuk ketiga aspek tersebut masing-masing diperoleh pada aspek pengetahuan thitung sebesar 2,9977, aspek sikap thitung sebesar 3,4425 dan aspek keterampilan thitung sebesar 2,2901 dengan ttabel sebesar 1,9900. Dari hasil diatas jika dibandingkan thitung dengan ttabel, maka thitung berada pada daerah penerimaan Hi. Hal Ini berarti kelas yang menggunakan E-modul berbasis CTL memiliki hasil belajar siswa lebih tinggi dari pada kelas yang menggunakan buku teks fisika. Oleh karena itu dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan E-modul berbasis CTL dibandingkan dengan buku teks fisika kelas X pada materi hukum newton tentang gerak dan gravitasi di SMA Negeri 12 Padang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 30 Apr 2021 08:00
Last Modified: 30 Apr 2021 08:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31344

Actions (login required)

View Item View Item