Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 5 Kota Solok

Fajriah, Annisa Gusti (2021) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 5 Kota Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_ANNISA_GUSTI_FAJRIAH_15029061_1187_2020.pdf

Download (763kB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis penting dalam pembelajaran matematika, terutama dalam menyelesaikan permasalahan matematis, sehingga kemampuan komunikasi matematis perlu dikuasai oleh peserta didik dengan baik. Namun, hasil observasi di kelas VII SMPN 5 Kota Solok menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik masih rendah. Hal tersebut disebabkan karena kurangnya partisipasi aktif peserta didik dalam proses pembelajaran, dan peserta didik kesulitan dalam mengemukakan langkah-langkah penyelesaian dari sebuah masalah. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan diantaranya adalah model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan mendeskripsikan apakah kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik daripada peserta didik yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 5 Kota Solok. Jenis penelitian adalah quasy experiment dan deskriptif dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasinya kelas VIII SMPN 5 Kota Solok dengan sampel penelitian yaitu kelas VIII.3 dan VIII.2. Instrumen penelitian berupa kuis dan tes kemampuan komunikasi matematis. Data perkembangan kemampuan ini dideskripsikan melalui hasil kuis, sedangkan hasil tes dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan hasil kuis diperoleh bahwa perkembangan kemampuan komunikasi matematis meningkat dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, dan berdasarkan hasil analisis tes diperoleh bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik daripada peserta didik yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional. Jadi dapat dikatakan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik di kelas VIII SMPN 5 Kota Solok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 30 Apr 2021 08:00
Last Modified: 30 Apr 2021 08:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31337

Actions (login required)

View Item View Item