Validitas E-Modul Kimia Unsur Berbasis Guided Discovery Learning untuk Kelas XII SMA/ MA: Validity of Elemental Chemistry E-Module Based on Guided Discovery Learning for Senior High School

Khaira, Ulfa and Yerimadesi, Yerimadesi (2021) Validitas E-Modul Kimia Unsur Berbasis Guided Discovery Learning untuk Kelas XII SMA/ MA: Validity of Elemental Chemistry E-Module Based on Guided Discovery Learning for Senior High School. EPK: Entalpi Pendidikan Kimia, 2 (1). pp. 47-56. ISSN 2774-5171

[img]
Preview
Text
6_Khiara_U_Yerimades_Validitas_E-Modul_Kimia_Unsur_berbasis_GDL_Entalpi_Pendidikan_Kimia_EPK_Vol_2_No_1.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

E-modul kimia unsur berbasis guided discovery learning telah dikembangkan dan dianalisis tingkat validitasnya untuk membantu proses pembelajaran peserta didik. Penelitian ini tergolong kepada Research and Development dengan model Plomp. Akan tetapi, penelitian ini dibatasi hanya sampai tahap validitas e-modul saja. E-modul divalidasi oleh tujuh orang validator ahli materi dan tiga orang ahli media. Instumen penelitian yang digunakan berupa angket validitas. Data dianalisa dengan menggunakan Content Validity Ratio (CVR) dan formula kappa Cohen’s. Hasil uji validitas konten diperoleh nilai rata-rata CVR sebesar 0,986. Hasil uji validitas konstruk dan validitas ahli media diperoleh nilai rata-rata momen kappa sebesar 0,90 dan 0,89. Data tersebut menunjukkan bahwa e-modul memiliki tingkat kevalidan yang sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa e-modul yang dikembangkan telah valid sehingga dapat diuji praktikalitas dan efektifitasnya.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 30 Apr 2021 01:46
Last Modified: 03 May 2021 03:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31330

Actions (login required)

View Item View Item