Efektivitas Modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik: The Effectiveness of Chemical Equilibrium Module Based on Guided Discovery Learning for Students’ Learning Outcomes

Said, AYF and Yerimadesi, Yerimadesi (2021) Efektivitas Modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik: The Effectiveness of Chemical Equilibrium Module Based on Guided Discovery Learning for Students’ Learning Outcomes. EduKimia Journal, 3 (1). pp. 4-8. ISSN 2502-6399

[img]
Preview
Text
5_Efwah_Yerimadesi_Efektivitas_Modul_Kesetimbangan_Kimia_Edukimia_vol_3_no_1.pdf

Download (337kB) | Preview
Official URL: http://edukimia.ppj.unp.ac.id/ojs/index.php/edukim...

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas modul kesetimbangan kimia berbasis guided discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik. Rancangan penelitian menggunakan randomized control-group pretest-posttest design dengan jenis eksperimen semu. Populasi terdiri dari peserta didik kelas XI SMAN 1 Tigo Nagari tahun ajaran 2019/2020 dan sampel diambil menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian berupa tes dalam bentuk pilihan berganda, data dianalisis dengan uji n-gain dan uji hipotesis dengan uji t. Berdasarkan analisa data diperoleh n-gain kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol dengan kategori sedang dan uji hipotesis yang didapatkan sig(2-tailed) kurang dari 0,05. Analisis data tersebut menyimpulkan hipotesis diterima dengan kata lain penggunaan modul kesetimbangan kimia berbasis guided discovery learning efektif terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik kelas XI SMAN 1 Tigo Nagari.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 30 Apr 2021 01:23
Last Modified: 30 Apr 2021 01:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31329

Actions (login required)

View Item View Item