Said, AYF and Yerimadesi, Yerimadesi (2021) Efektivitas Modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik: The Effectiveness of Chemical Equilibrium Module Based on Guided Discovery Learning for Students’ Learning Outcomes. EduKimia Journal, 3 (1). pp. 4-8. ISSN 2502-6399
|
Text
5_Efwah_Yerimadesi_Efektivitas_Modul_Kesetimbangan_Kimia_Edukimia_vol_3_no_1.pdf Download (337kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas modul kesetimbangan kimia berbasis guided discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik. Rancangan penelitian menggunakan randomized control-group pretest-posttest design dengan jenis eksperimen semu. Populasi terdiri dari peserta didik kelas XI SMAN 1 Tigo Nagari tahun ajaran 2019/2020 dan sampel diambil menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian berupa tes dalam bentuk pilihan berganda, data dianalisis dengan uji n-gain dan uji hipotesis dengan uji t. Berdasarkan analisa data diperoleh n-gain kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol dengan kategori sedang dan uji hipotesis yang didapatkan sig(2-tailed) kurang dari 0,05. Analisis data tersebut menyimpulkan hipotesis diterima dengan kata lain penggunaan modul kesetimbangan kimia berbasis guided discovery learning efektif terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik kelas XI SMAN 1 Tigo Nagari.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1 |
Depositing User: | Mrs. Wiwi Sartika |
Date Deposited: | 30 Apr 2021 01:23 |
Last Modified: | 30 Apr 2021 01:26 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31329 |
Actions (login required)
View Item |