Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write terhadap Pemahaman Konsep Matematis dan Aktivitas Belajar Peserta Didik Kelas X IPA SMA Adabiah Padang

Fadhilla A, Rahmahdani (2020) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write terhadap Pemahaman Konsep Matematis dan Aktivitas Belajar Peserta Didik Kelas X IPA SMA Adabiah Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_RAHMAHDANI_FADHILLA_A_16029072_1599_2020.pdf

Download (419kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematis peserta didik kelas X IPA SMA Adabiah Padang masih rendah karena kurang aktifnya peserta didik dalam proses pembelajaran. Salah satu penyebabnya adalah karena model yang digunakan mengarahkan peserta didik untuk menerima semua penjelasan dari pendidik. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hal tersebut yaitu menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think, Talk, Write (TTW). Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan aktivitas belajar peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran TTW dan mendeskripsikan apakah pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran TTW lebih baik daripada peserta didik yang belajar dengan pembelajaran konvensional di kelas X IPA SMA Adabiah Padang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan eksperimen semu dengan rancangan penelitian Static Group Design. Populasi pada penelitian ini peserta didik kelas X IPA SMA Adabiah Padang tahun pelajaran 2019/2020 dengan X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas yang dianalisis berdasarkan persentase peserta didik yang melakukan aktivitasnya dan tes pemahaman konsep matematis yang dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar peserta didik menggunakan model TTW mengalami peningkatan pada tahap think berupa menuliskan penyelesaian masalah dan berfluktuasi pada tahap talk, dan write yang berupa bertanya, menjawab pertanyaan, mengungkapkan pendapat, dan menuliskan kesimpulan. Hasil uji hipotesis dari skor tes pemahaman konsep matematis dengan taraf nyata α=0,05 diperoleh P-value= 0,005 dimana P-value<α sehingga H_0 ditolak. Artinya, pemahaman konsep matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TTW lebih baik daripada peserta didik yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional di kelas X IPA SMA Adabiah Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 30 Apr 2021 00:58
Last Modified: 30 Apr 2021 00:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31325

Actions (login required)

View Item View Item