Pembuatan Buku Teks Pelajaran Materi Teori Kinetik Gas dan Termodinamika Berbasis Pembelajaran Kontekstual dan Literasi Lingkungan Untuk Siswa SMA Kelas XI

Lestari, Rahma Tilla Dwi (2020) Pembuatan Buku Teks Pelajaran Materi Teori Kinetik Gas dan Termodinamika Berbasis Pembelajaran Kontekstual dan Literasi Lingkungan Untuk Siswa SMA Kelas XI. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_RAHMA_TILLA_DWI_LESTARI_16033077_1691_2020.pdf

Download (380kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran fisika saat ini masih belum sesuai dengan kondisi yang diharapkan. Siswa hanya mampu memahami konsep saja, dan belum mampu menerapkan pembelajaran fisika ke dalam kehidupan sehari-hari. Solusi dari masalah ini adalah menggunakan buku teks pelajaran berbasis pembelajaran kontekstual dan literasi lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur validitas dan praktikalitas buku teks pelajaran materi teori kinetik gas dan termodinamika berbasis pembelajaran kontekstual dan literasi lingkungan untuk siswa SMA kelas XI. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) berdasarkan pengembangan Sugiyono. Instrumen yang digunakan dalam menilai validitas adalah instrumen validitas yang terdiri dari 6 komponen dan 57 butir aspek yang dinilai, sedangkan praktikalitas menurut guru dan siswa terdiri dari 4 komponen dan 37 butir aspek yang dinilai. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif yang terdiri dari analisis validitas dan analisis praktikalitas. Hasil analisis data dari analisis validitas didapatkan nilai dari 3 orang dosen fisika UNP yaitu 82,25, 86,75, 87,24 dengan nilai rata-rata 85,46 kategori baik sekali. Hasil analisis praktikalitas 1 orang guru dengan nilai rata-rata 95,43 dan 35 orang siswa dengan rata-rata 88,88 kategori baik sekali. Kesimpulannya yaitu buku teks pelajaran materi teori kinetik gas dan termodinamika berbasis pembelajaran kontekstual dan literasi lingkungan untuk siswa SMA kelas XI sudah valid dan praktis digunakan dengan tingkat kevalidan baik sekali dan tingkat kepraktisan baik sekali sehingga buku teks pelajaran layak digunakan saat pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 30 Apr 2021 00:58
Last Modified: 30 Apr 2021 00:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31322

Actions (login required)

View Item View Item