Sintesis Membran Molecularly Imprinted Polymers (MIPs) dengan Metode Photopolimerisasi dan Karakterisasinya sebagai Bahan Penyerap Asam Urat

Atika, Rahma (2020) Sintesis Membran Molecularly Imprinted Polymers (MIPs) dengan Metode Photopolimerisasi dan Karakterisasinya sebagai Bahan Penyerap Asam Urat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_RAHMA_ATIKA_16036017_1594_2020.pdf

Download (318kB) | Preview

Abstract

Molecularly Imprinted Polymer (MIPs) merupakan suatu polimer yang memiliki rongga (cavities) akibat pelepasan molekul template. Rongga tersebut berfungsi untuk memisahkan analit dengan cara mengenali molekul target (asam urat) berdasarkan bentuk, ukuran, struktur serta sifat-sifat fisika dan kimianya. MIPs memiliki tingkat selektifitas dan sensitifitas yang tinggi. Tujuan dari penelitian ini untuk menentukan karakterisasi, waktu penyerapan dan pH optimum serta aplikasi ke sampel darah oleh MIPs. Metode yang digunakan untuk sintesis memban MIPs yaitu metode photopolimerisasi yang menggunakan sinar Ultra-violet sebagai pengaktif radikal bebas. Penentuan kadar asam urat diukur menggunakan spektrofotometer UV Vis dalam larutan dan Easy Touch QCU dalam darah. Berdasarkan hasil penelitian karakterisasi menggunakan FTIR (Fourier Transform Infra Red) menunjukkan bahwa MIPs mampu menyerap asam urat, dilihat dari puncak serapan gugus N-H yang terdapat pada MIPs Reekstraksi pada daerah 665-910 cm-1 . Sedangkan pada MIPs ektraksi tidak terdapat puncak serapan gugus N-H. Puncak gugus N-H ini hanya dimiliki oleh asam urat murni. Berdasarkan review artikel, waktu penyerapan optimum dari MIPs yaitu 180 menit dan pH larutan asam urat optimum yaitu pada pH 7. Penyerapan MIPs dalam darah manusia mencapai 90%. Hal ini menunjukkan bahwa MIPs yang disintesis mampu menyerap asam urat secara selektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 29 Apr 2021 06:25
Last Modified: 29 Apr 2021 06:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31321

Actions (login required)

View Item View Item