Pengembangan Modul Sistem Pencernaan Manusia Bermuatan Guided Discovery Learning intuk Peserta Didik Kelas VIII SMP/MTs

Sari, Putri Adila (2020) Pengembangan Modul Sistem Pencernaan Manusia Bermuatan Guided Discovery Learning intuk Peserta Didik Kelas VIII SMP/MTs. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_09_PUTRI_ADILA_SARI_16231054_2491_2020.pdf

Download (455kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran pada kurikulum 2013 yang menuntut peserta didik untuk belajar secara mandiri, aktif, kreatif dan juga inovatif dalam menemukan suatu konsep. Selain itu pada kurikulum 2013 proses pembelajaran yang tidak lagi berpusat kepada guru tetapi proses pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Pada proses pembelajaran tidak terlepas dari bahan ajar yang digunakan seperti buku teks IPA terbitan Kemendikbud dan juga buku LKS terbitan MGMP kota Padang. Salah satu bahan ajar yang menuntun peserta didik untuk dapat belajar secara mandiri adalah dengan menggunakan modul. Di SMP Negeri 26 Padang belum menggunakan bahan ajar berupa modul dalam proses pembelajarannya. Salah satu pendekatan yang mampu membimbing peserta didik untuk dapat belajar secara mandiri adalah menggunakan model guided discovery learning. Oleh karena itu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan modul bermuatan guided discovery learningyang validpada materi sistem pencernaan manusia untuk peserta didik kelas VIII SMP/MTs. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan prosedur pengembangan Plomp dengan tiga tahapan, yaitu investigasi awal, tahap pengembangan prototype, dan tahap penilaian. Objek penelitian ini adalah modul bermuatan guided discovery learning pada materi sistem pencernaan manusia untuk peserta didik kelas VIII. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMPN 26 Padang. Modul divalidasi oleh 3 orang dosen jurusan IPA FMIPA UNP. Data dalam penelitian ini merupakan data primer berupa nilai uji validitas. Data dianalisis menggunakan statistic deskriptif (prsentase). Hasil evaluasi sendiri diperoleh hasil bahwa modul yang dikembangkan telah sesuai dengan aspek yang dinilai. Hasil uji validitas yang dilakukan oleh 3 orang dosen IPA FMIPA UNP diperoleh nilai rata-rata validitas dari aspek kelayakan isi, kebahasaan, penyajian dan kegrafikaan dengan nilai rata-rata 87,5% dengan kriteria valid. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran sistem pencernaan manusia bermuatan guided discovery learning yang dikembangkan memiliki krieria valid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 29 Apr 2021 06:25
Last Modified: 29 Apr 2021 06:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31319

Actions (login required)

View Item View Item