Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning pada Materi Reaksi Reduksi dan Oksidasi Untuk Kelas X SMA/MA

Putri, Renda Mulia (2021) Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning pada Materi Reaksi Reduksi dan Oksidasi Untuk Kelas X SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_RENDA_MULIA_PUTRI_15035040_171_2020.pdf

Download (530kB) | Preview

Abstract

Lembar kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis problem based learning dapat digunakan sebagai altematif untuk meningkatkan keaktifan siswa dan memahami konsep. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD reaksi reduksi dan oksidasi berbasis problem based learning yang valid dan praktis sehingga dapat digunakan sebagai salah satu bahan ajar dalam pembelajaran kimia kelas X. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D), dengan model pengembangan Plomp. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket validitas dan praktikalitas. Data hasil angket validitas dan praktikalitas diolah dengan menggunakan formula Kappa Cohen. LKPD ini divalidasioleh 5 orang validator yang terdiri dari 3 orang dosen kimia FMIPA UNP dan 2 orang guru SMAN 8 Padang dan diujikan kepada 34 orang peserta didik kelas X MIPA SMAN 8 Padang tahun ajaran 2019/2020. Hasil analisis lembaran validitas, praktikalitas guru, dan praktikalitas siswa menunjukkan skor rata-rata momen kappa (k) berturut-turut adalah 0,90 dengan kategori kevalidan sangat tinggi, 0,85 dengan kategori kepraktisan sangat tinggi, dan 0,80 dengan kategori kepraktisan tinggi. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa LKPD reaksi reduksi dan oksidasi berbasis problem based learning yang dihasilkan sudah valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran Kimia di tingkat SMA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 29 Apr 2021 06:25
Last Modified: 29 Apr 2021 06:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31318

Actions (login required)

View Item View Item