Apriliana, Peggy (2020) Studi Literatur Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Kompetensi Belajar Biologi Peserta Didik pada Aspek Kognitif. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
A_03_PEGGY_APRILIANA_16031021_2804_2020.pdf Download (298kB) | Preview |
Abstract
Penerapan model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan rasa ingin tahu peserta didik jika pemilihan model pembelajaran yang tepat oleh guru dengan memperhatikan kondisi peserta didik tersebut. Model NHT bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar, melatih peserta didik dalam membuat keputusan dan menigkatkan motivasi belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan informasi tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap kompetensi belajar biologi peserta didik pada aspek kognitif. Penelitian yang dilakukan bersifat deskriptif dengan analisis data kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh artikel pada jurnal yang terindeks minimal SINTA 4 yang memuat variabel model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling, sehingga diperoleh sampel yaitu 5 artikel. Data dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan kompetensi belajar pada aspek kognitif peserta didik menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dari 5 artikel pada jurnal terindeks minimal SINTA 4. Maka berdasarkan informasi yang diperoleh dari 5 artikel, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) memberikan pengaruh yang positif terhadap kompetensi belajar biologi peserta didik pada aspek kognitif
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli |
Date Deposited: | 29 Apr 2021 06:25 |
Last Modified: | 29 Apr 2021 06:25 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31311 |
Actions (login required)
View Item |