Oktaviaroza, Oktaviaroza (2020) Pengembangan Scrabble Kimia sebagai Media Chemo Edutainment pada Materi Hidrokarbon Kelas XI IPA SMA/MA Hidrokarbon menjadi salah satu materi wajib yang diajarkan kepada peserta didik kelas XI IPA SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
A_07_OKTAVIAROZA_16035071_3508_2020.pdf Download (344kB) | Preview |
Abstract
Pelajaran hidrokarbon meliputi aspek faktual, konseptual, dan prosedural. Tujuan dari penelitian ini sebagai upaya pengembangan media yang berfungsi membantu siswa memantapkan konsep melalui latihan dengan penggunaan permainan Scrabble Kimia sebagai media chemo-edutainment. Jenis penelitian yang digunakan yaitu R & D (Research and Development) dengan 4-D models yaitu (1) Define (Pendefinisian), (2) Design (Perancangan), (3) Develop (Pengembangan) dan (4) Disseminate (Penyebaran). Penelitian ini dilkukan sampai tahap develop dengan pengujian validitas dan praktikalitas. Uji validitas dilakukan pada 5 orang validator. Sedangkan tingkat Praktikalitas diujikan pada dua orang guru kimia dan 10 orang siswa kelas XI IPA SMAN 1 Enam Lingkung. Instrument penelitian yang dipakai adalah angket untuk penentuan validitas dan praktikalitas. Sedangkan teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui pengisisan angket dan analisis data memakai rumus Aiken V. Data yang telah dianalisis didapatkan tingkat validitas permainan scrabble kimia sebesar 0,85 dengan kategori valid dan tingkat praktikalitas sebesar 0,89 pada guru dan 0,94 pada siswa dengan kategori praktis. Berdasarkan hal tersebut disimpulkan bahwa permainan scrabble kimia sebagai media chemo edutainment pada materi hidrokarbon yang dikembangkan sudah valid juga praktis digunakan pada pembelajaran Kimia , khususnya pada materi Hidrokarbon
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli |
Date Deposited: | 29 Apr 2021 01:57 |
Last Modified: | 29 Apr 2021 01:57 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31309 |
Actions (login required)
View Item |