Pengembangan Modul Hidrolisis Garam Berbasis Pendekatan Kontekstual dengan Komponen REACT untuk Siswa Kelas XI SMA/MA

Feronika, Nur Intan (2020) Pengembangan Modul Hidrolisis Garam Berbasis Pendekatan Kontekstual dengan Komponen REACT untuk Siswa Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_NUR_INTAN_FERONIKA_16035026_1597_2020.pdf

Download (299kB) | Preview

Abstract

Modul hidrolisis garam berbasis pendekatan kontekstual dapat membantu siswa dalam menemukan konsep, yang disusun berdasarkan komponen REACT yaitu relating, experiencing, applying, cooperating, transfering. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul hidrolisis garam berbasis pendekatan kontekstual yang memuat indikator berpikir kritis yang telah diketahui tingkat validitasnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan Model pengembangan 4-D yang terdiri dari empat tahap yaitu (1) define (2) design (3) development, dan (4) desseminte. Pada penelitian ini dibatasi hingga tahap development yaitu uji validasi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket dalam bentuk lembar validitas konstruk dianalisa dengan menggunakan momen kappa (k) dan lembar validitas konten dianalisa dengan menggunakan CVR. Lembar validitas diisi oleh 3 orang dosen kimia dan 2 orang guru kimia di SMA N 9 Padang. Hasil uji analisis validitas konstruk diperoleh momen kappa sebesar 0,82 dengan kevalidan sangat tinggi serta uji analisis validitas konten diperoleh CVR dengan nilai kritis sebesar 0,98 dan nilai CVI sebesar 1 yang dinyatakan valid. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul hidrolisis garam berbasis pendekatan kontekstual dengan komponen REACT untuk siswa kelas XI valid digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 29 Apr 2021 01:57
Last Modified: 29 Apr 2021 01:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31308

Actions (login required)

View Item View Item