Perbandingan Kemampuan Pelepasan Panas pada Alat Penukar Panas Radiator Straight Fin Jenis Circular Cylinder Tube dengan Flat Tube

Hidayat, Nuzul and Arif, Ahmad and Martias, Martias (2019) Perbandingan Kemampuan Pelepasan Panas pada Alat Penukar Panas Radiator Straight Fin Jenis Circular Cylinder Tube dengan Flat Tube. Invotek: Jurnal Inovasi Vokasional dan teknologi, 9 (1). pp. 17-24. ISSN Print: 1411–3411 dan Online: 2549–9815

[img]
Preview
Text
NUZUL_HIDAYAT_JURNAL_INVOTEK_2019_SEBAGAI_KETUA.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://invotek.ppj.unp.ac.id/index.php/invotek/art...

Abstract

Mesin mobil pasti menghasilkan panas akibat pembakaran dari bahan bakar. Disatu sisi panas ini menguntungkan jika dikendalikan dengan baik yaitu antara 70 0 C - 90 0 C namun sebaliknya jika panas ini tidak terkendali maka akan menimbulkan masalah. Apabila temperatur ini dibiarkan maka akan menyebabkan mesin menjadi overheating sehingga bisa membuat kerusakan pada komponen - komponen mesin. Dalam hal ini perlu solusi untuk menjag a mesin tetap dalam tempertur kerja dengan cara melengkapi mesin dengan sistem pendingin. Disamping itu perkembangan dalam teknologi desain radiator saat ini sudah menciptakan radiator memiliki banya varian dan bentuk, dan yang paling umum berkembang adala h model straight fin dengan flat tube dan circular cylinder tube. Kondisi ini membuat peneliti tertarik desain yang mana yang paling bagus dalam pelepasan panas untuk mendinginkan air pendingin. Untuk itu perlu upaya untuk mengetahui kemampuan radiator sec ara jelas agar ini dapat membantu dalam pemilihan komponen pada sebuah mobil sehingga mesin tidak mengalami overheating atau mesin tetap menjaga temperatur kerjanya. Penelitian ini dilakukan secara eksperimental yaitu dengan menvariasikan tipe radiator dan putaran mesin serta memberikan perlakuan yang sama terhadap benda uji. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari semua variasi kecepatan jenis radiator yang memiliki kemampuan pelepasan panas yang baik adalah tipe flat tube dengan nilai efektifitas 0.593 den gan variasi kecepatan aliran 3.52 m/s dan 120 s. Dapat disimpulkan dari penelitian adalah radiator tipe flat tube memiliki pelepasan panas lebih baik dari tipe circular cylinder tube.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 28 Apr 2021 07:21
Last Modified: 30 Apr 2021 03:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31297

Actions (login required)

View Item View Item