Deskripsi Keterampilan Komunikasi dan Kolaborasi Siswa SMA pada Pembelajaran Titrasi Asam-Basa dengan Model Inkuiri Terbimbing dan Berbasis Masalah

Rizal, Novita (2020) Deskripsi Keterampilan Komunikasi dan Kolaborasi Siswa SMA pada Pembelajaran Titrasi Asam-Basa dengan Model Inkuiri Terbimbing dan Berbasis Masalah. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_NOVITA_RIZAL_16035025_2253_2020.pdf

Download (294kB) | Preview

Abstract

Titrasi asam-basa merupakan materi yang menuntut siswa memiliki keterampilan komunikasi dan kolaborasi terutama pada KD 4.13 menyimpulkan hasil analisis data percobaan titrasi asam-basa sedangkan KD 3.13 menganalisis data hasil berbagai jenis titrasi asam-basa dapat dilakukan dengan kelompok atau tanpa kelompok. Namun kedua KD tersebut siswa perlu mempresentasikan hasil diskusi dan hasil laporan yang membutuhkan komunikasi lisan dan tulisan. Keterampilan komunikasi dan kolaborasi dapat dilatih menggunakan pendekatan saintifik yang diantaranya adalah inkuiri terbimbing dan berbasis masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan komunikasi dan kolaborasi siswa SMA pada pembelajaran titrasi asam-basa dengan model inkuiri terbimbing dan berbasis masalah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research). Metode pengumpulan data dalam bentuk dokumentasi. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari jurnal dan silabus. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles & Huberman. Dari hasil studi kepustakaan didapatkan bahwa keterampilan komunikasi dan kolaborasi pada pembelajaran titrasi asam-basa yang menggunakan model inkuiri terbimbing dan berbasis masalah dapat dilihat pada setiap tahapannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 29 Apr 2021 01:57
Last Modified: 29 Apr 2021 01:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31296

Actions (login required)

View Item View Item