Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint-iSpring Terintegrasi Tiga Level Representasi Kimia dan Pertanyaan Prompting Pada Materi Larutan Penyangga Kelas XI SMA/MA

Putri, Nova (2020) Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint-iSpring Terintegrasi Tiga Level Representasi Kimia dan Pertanyaan Prompting Pada Materi Larutan Penyangga Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_NOVA_PUTRI_16035023_2268_2020.pdf

Download (257kB) | Preview

Abstract

Memahami materi larutan penyangga membutuhkan penjelasan dan visual representasi makroskopik, sub-mikroskopik dan simbolik yang disebut tiga level representasi kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media PowerPoint-iSpring pada materi larutan penyangga untuk membantu siswa memahami konsep larutan penyangga dengan bantuan representasi kimia dan pertanyaan prompting. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4-D yang terdiri dari empat tahapan yaitu tahap Define, Design, Develop, dan Disseminate (tahap disseminate tidak dilakukan). Media pembelajaran PowerPoint-iSpring divalidasi oleh 6 orang validator terdiri dari 3 orang dosen kimia FMIPA UNP dan 2 orang guru kimia SMAN 12 Padang dan 1 orang guru SMAN 1 Padangpanjang dengan menggunakan instrumen berupa lembar validasi. Hasil analisis lembaran validitas dosen dan guru menunjukkan skor rata-rata momen kappa (k) yaitu 0,86 dengan kategori validitas sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 28 Apr 2021 07:45
Last Modified: 28 Apr 2021 07:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31290

Actions (login required)

View Item View Item