Meta Analisis Pengaruh Integrasi Pendidikan STEM dalam Variasi Model Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa

Tenti, Nof Putria (2020) Meta Analisis Pengaruh Integrasi Pendidikan STEM dalam Variasi Model Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_NOF_PUTRIA_TENTI_ 16033074_3954_2020.pdf

Download (464kB) | Preview

Abstract

Abad 21 ditandai dengan IPTEK yang berkembang dengan pesat. Pengetahuan dan teknologi sangat dibutuhkan di era abad 21 untuk menunjang sumber daya manusia yang berkualitas. Melalui pendidikan sumber daya manusia dapat ditingkatkan, yaitu dengan meningkatkan hasil belajar siswa. Pembelajaran fisika yang merupakan bagian dari sains adalah ilmu yang mempelajari gejala alam, tidak hanya sebagai pengetahuan tapi lebih kepada implementasi dan peranannya terhadap kehidupan manusia. Hal ini sejalan dengan teori STEM, yaitu melalui pendekatan STEM peserta didik tidak hanya menghapalkan saja, namun paham konsep sains serta menghubungkannya di kehidupan sehari-hari. Namun kondisi nyata di lapangan berdasarkan penelitian sebelumnya menunjukan bahwa pengintegrasian pendidikan STEM yang dilakukan di sekolah masih dalam kategori rendah. Solusi yang tepat untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan penelitian meta analisis pengaruh integrasi pendidikan STEM dalam pembelajaran fisika terhadap hasil belajar sisiwa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan ukuran efek pengintegrasian pendidikan STEM berdasarkan lima kategori yaitu jenjang kelas, materi, model pembelajaran, dan hasil belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah meta analisis. Data yang dianalisis merupakan data sekunder yang diperoleh dari penelitian-penelitian sebelumnnya. Artikel dari penelitian ini terdiri dari 14 artikel nasional dan 6 artikel internasional. Instrumen yang digunakan adalah kode kategori dan perhitungan ukuran efek. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menghitung ukuran efek menggunakan rumus Glass (1981) berdasarkan rerata, standar deviasi, dan uji t. Dari hasil analisis data dapat dikemukankan empat hasil penelitian ini. Pertama, ukuran efek integrasi pendidikan STEM pada jenjang kelas X adalah 1,76 dan pada jenjang kelas XI adalah 2,04. Kedua, ukuran efek integrasi pendidikan STEM berdasarkan materi fluida dinamis adalah 1,57, fluida statis adalah 1,79, usaha dan energi adalah 2,45, hukum Newton tetang gerak adalah 0,71, dan gelombang bunyi adalah 2,57. Ketiga, ukuran efek integrasi pendidikan STEM pada model PBL adalah 2,17, PjBL adalah 1,58 dan Inkuri adalah 1,38. Keempat, ukuran efek integrasi pendidikan STEM pada hasil belajar aspek pengetahuan adalah1,83.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 28 Apr 2021 07:45
Last Modified: 28 Apr 2021 07:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31286

Actions (login required)

View Item View Item