Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write dan Mind Mapping Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 7 Padang (Penelitian Eksperimen pada Masa Pendemi COVID-19)

Putri, Nadya Deriska Dwi (2020) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write dan Mind Mapping Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 7 Padang (Penelitian Eksperimen pada Masa Pendemi COVID-19). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_NADYA_DERISKA_DWI_PUTRI_16029068_3649_2020.pdf

Download (427kB) | Preview

Abstract

Komunikasi matematis merupakan salah satu aspek penting dan harus dicapai dalam pembelajaran matematika. Pentingnya keterampilan komunikasi matematis bagi peserta didik membuat kemampuan ini perlu untuk ditingkatkan dalam menyelesaikan permasalahan dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil observasi di SMPN 7 Padang menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VII masih rendah. Oleh sebab itu dilakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dan Mind Mapping (TTW-MM). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perkembangan kemampuan komunikasi matematis peserta didik selama diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TTW-MM, mendeskripsikan kemampuan Mind Mapping peserta didik dengan diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write, dan mendeskripsikan apakah kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TTW-MM lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 7 Padang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dan deskriptif dengan rancangan penelitian randomized control group only design.Berdasarkan hasil penelitian berupa kuis dan mind mapping diperoleh adanya peningkatan kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII SMPN 7 Padang dankemampuan mind mapping peserta didik dengan diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TTW meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Selain itu, berdasarkan uji hipotesis tes akhir dengan α=0,05 diperoleh P-value= 0,008 yang berarti tolak H0. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruhpenerapan modelpembelajarankooperatiftipeTTW MMterhadapkemampuankomunikasimatematispesertadidikkelasVIII SMPN 7 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 28 Apr 2021 03:05
Last Modified: 28 Apr 2021 03:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31282

Actions (login required)

View Item View Item