Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan E Modul Berbasis CTL dengan Buku Teks Fisika Kelas X pada Materi Hukum Newton Gravitasi dan Usaha Energi di SMA Negeri 2 Padang

Ramadhanty, Nadia (2020) Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan E Modul Berbasis CTL dengan Buku Teks Fisika Kelas X pada Materi Hukum Newton Gravitasi dan Usaha Energi di SMA Negeri 2 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_NADIA_RAMADHANTY_16033107_2743_2020.pdf

Download (451kB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 menuntut penggunan media berbasis ICT dan sumber belajar yang beragam. Peristiwa sehari-hari, buku teks, guru, modul, LKS, vidio, dan sumber belajar lainnya dapat dipilih oleh guru sebagai sumber belajar. Kenyataan yang ditemui di lapangan, bahwa sumber belajar yang digunakan adalah buku teks dan belum menggunakan konteks sehari-hari. E-modul dapat mewakili ICT dan bahan belajar mandiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan mendia E-modul berbasis CTL dengan buku teks fisika di SMAN 2 Padang. Jenis penelitian yang digunakan ini adalah penelitian kuasieksperimen dengan desain penelitian Randomized Posstest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X IPA di SMA Negeri 2 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini ada 2 kelas, yaitu kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II dengan total masing-masing 36 siswa. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Dengan melakukan uji normalitas dan uji homogenitas terbukti bahwa data kedua kelompok terdistribusi normal dan keduanya homogen. Uji kesamaan dua rata-rata untuk semua Kompetensi hasil belajar, dilakukan pada taraf nyata 0,05 dan derajat kebebasan dk 70. Hasil perhitungan pada setiap kompetensi dengan ttabel = 1.9900 untuk kompetensi sikap dengan thitung = 4.694, pada kompetensi pengetahuan thitung = 3.8966, dan untuk kompetensi keterampilan thitung = 2.9056. Hasil ketiga kompetensi tersebut jika dibandingkan hasil antara ttabel dengan thitung, maka thitung diketahui berada pada daerah penerimaan Hi. Hal ini berarti kelas yang menggunakan E-Modul berbasis CTL memiliki rata-rata hasil belajar lebih tinggi dibandingkan dengan yang menggunakan buku teks pelajaran Fisika. Maka dapat disimpulkan, bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan EModul berbasis CTL dengan buku teks pelajaran Fisika kelas X pada materi hukum newton gravitasi dan usaha energi di SMAN 2 Padang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 28 Apr 2021 03:05
Last Modified: 28 Apr 2021 03:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31280

Actions (login required)

View Item View Item