Efektivitas Modul Larutan Penyangga Berorientasi Chemistry Triangle terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMAN 3 Padang

Sermila, Monica (2020) Efektivitas Modul Larutan Penyangga Berorientasi Chemistry Triangle terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMAN 3 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_MONICA_SERMILA_16035121_2191_2020.pdf

Download (316kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan dari penelitian pengembangan modul larutan penyangga berorientasi chemistry triangle yang valid dan praktis, namun belum diuji efektivitasnya terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilakukan untuk mengungkapkan keefektifan modul larutan penyangga berorientasi chemistry triangle terhadap hasil belajar ranah kognitif peserta didik kelas XI SMAN 3 Padang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu (quasi exsperiment research) dengan desain randomized pretest posttest control-group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling, terdapat dua kelas yang digunakan dalam penelitian yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan uji efektivitas (uji N-gain), uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis (uji t). Hasil penelitian menunjukkan nilai N-gain kelas eksperimen yang belajar menggunakan modul lebih tinggi daripada kelas kontrol dengan nilai sebesar 0,80 dengan tingkat efektitivitas tinggi. Setelah itu dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan daripada kelas kontrol. Jadi, dapat disimpulkan penggunaan modul larutan penyangga berorientasi chemistry triangle efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI SMA 3 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 28 Apr 2021 03:05
Last Modified: 28 Apr 2021 03:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31277

Actions (login required)

View Item View Item