Studi Literatur: Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Resitasi Berupa Mind MapterhadapKompetensi Belajar Peserta Didik

Monhartini, Monhartini (2020) Studi Literatur: Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Resitasi Berupa Mind MapterhadapKompetensi Belajar Peserta Didik. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_MONHARTINI_16031103_2551_2020.pdf

Download (547kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi peneliti yang menunjukkan rendahnya kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik pada proses pembelajaran. Pengamatan peneliti mengenai kompetensi sikap peserta didik yang paling rendah terlihat pada aspek kerja sama, oleh karena itu peneliti tertarik untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif. Model pembelajaran kooperatif yang diyakini mampu meningkatkan kerja sama dan keaktifan antar peserta didik yaitu model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Permasalahan selanjutnya yang peneliti temukan yaitu kebosanan peserta didik terhadap resitasi yang diberikan guru, sehingga peneliti tertarik untuk mengubah resitasi tersebut kebentuk yang lebih bervariasi misalnya dalam bentuk mind map. Sikap kerja sama yang kurang serta kebosanan peserta didik dalam mengerjakan tugas rumah berupa catatan membuat penulis tertarik untuk menerapkan model pembelajaran kooperati tipe jigsaw berbantuan resitasi berupa mind map yang diharapkan mampu meningkatkan kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian studi literatur dengan mengkaji beberapa jurnal ilmiah (setidaknya 5 jurnal terindeks minimal Sinta 4) yang relevan dengan penelitian penulis. Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan resitasi berupa mind map terhadap kompetensi belajar peserta didik. Prosedur yang digunakan dalam penelitian ini yakni menelusuri artikel-artikel yang terdapat pada jurnal online melalui internet yang berhubungan dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan resitasi berupa mind map, melakukan review terhadap artikel-artikel yang digunakan, dan menarik kesimpulan dari review artikel yang sudah dilaksanakan terkait pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan resitasi berupa mind map terhadap kompetensi belajar peserta didik. Berdasarkan hasil review beberapa artikel yang dilakukan diperoleh adanya pengaruh positif dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan resitasi berupa mind map terhadap kompetensi belajar peserta didik. model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan resitasi berupa mind map ini mampu meningkatkan hasil belajar hasil belajar kognitif (pengetahuan) peserta didik. Peserta didik juga terlihat lebih aktif, disiplin, tanggung jawab, dan memiliki sikap kerja sama yang baik. Dampak lainnya juga dapat kita lihat pada aspek keterampilan yang menjadi lebih baik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 28 Apr 2021 03:05
Last Modified: 28 Apr 2021 03:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31276

Actions (login required)

View Item View Item