Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP/MTs

Lestari, Arfia (2021) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP/MTs. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_ARFIA_LESTARI_18205003_3986_2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil analisis pendahuluan yang dilakukan di SMPN 1 X Koto Diatas diperoleh informasi bahwa pembelajaran masih berpusat kepada guru. Peserta didik kurang terlibat aktif dalam pembelajaran, tidak terbiasa menyelesaikan soal­ soal yang bersifat non rutin, dan perangkat pembelajaran yang digunakan belum mampu membuat peserta didik aktif. Hal ini menyebabkan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk memecahkan masalah tersebut adalah dengan mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan kriteria valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian R&D (penelitian dan pengembangan) menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri atas fase investigasi awal, fase pengembangan atau pembuatan prototipe, dan fase penilaian. Setelah investigasi awal dilakukan, perangkat yang dirancang dilakukan evaluasi sendiri, kemudian dilakukan validasi kepada para ahli/pakar, dan penilaian. Fase penilaian dilakukan uji praktikalitas dan uji efektivitas secara terbatas di SMPN 1 X Koto Diatas. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dihasikan dalam kategori valid dengan skor validitas RPP 0,84 dan LKPD 0,79. Dari hasil angket respon peserta didik terhadap LKPD diperoleh nilai praktikalitas dengan skor 89,88% kategori sangat praktis dan dari hasil lembar observasi keterlaksanaan RPP diperoleh skor praktikalitas sebesar 88,9 % kategori sangat praktis. Dari hasil tes kemampuan pemecahan masalah peserta didik, 83% nilai peserta didik di atas KKM yaitu 7 5. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran matematika berbasis model pembelajaran kooperatiftipe NHT telah valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 28 Apr 2021 03:04
Last Modified: 28 Apr 2021 03:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31275

Actions (login required)

View Item View Item