Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Riset untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Fisika SMA Kelas X

Misndari, Ajeng Suci (2021) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Riset untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Fisika SMA Kelas X. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_AJENG_SUCI_MISNDARI_1304194_1341_2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran fisika di sekolah belum sepenuhnya melatih keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam menguasai konsep fisika. Penyebabnya adalah perangkat pembelajaran yang digunakan belum mendorong keterlibatan aktif peserta didik dalam belajar dan menemukan pengetahuannya sendiri. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan perangkat pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang digunakan pada pembelajaran berbasis riset dengan kriteria valid, praktis, dan efektif. J enis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan (research and development) menggunakan model ADDIE yang terdiri dari tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Pada tahap analisis dilakukan analisis kesenjangan kinerja, analisis tujuan instruksional, analisis peserta didik, dan analisis tugas. Tahap perancangan dilakukan perancangan perangkat yaitu silabus, RPP, handout, LKDP, dan penilaian mengikuti langkah- langkah pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis riset, kemudian dilakukan validasi pada tahap pengembangan. Selanjutnya pada tahap evaluasi dilakukan uji praktikalitas dan uji efektivitas. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket, lembar validasi, lembar praktikalitas, dan lembar penilaian efektivitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian pada tahap analisis adalah pada analisis kesenjangan kinerja berisi analisis kurikulum diperoleh KI dan KD yang berhubungan dengan materi impuls dan momentum, analisis tujuan instruksional diperoleh penjabaran materi serta tujuan yang akan dicapai. Analisis peserta didik mengenai pentingnya pembelajaran berbasis riset dan keterampilan berpikir kritis bagi peserta didik. Pada tahap pengembangan diperoleh perangkat pembelajaran berbasis riset dengan kategori valid, pada tahap implementasi diperoleh perangkat pembelajaran berbasis riset dengan kategori sangat praktis, dan pada tahap evaluasi diperoleh perangkat pembelajaran berbasis riset dengan kategori efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 27 Apr 2021 03:44
Last Modified: 27 Apr 2021 03:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31274

Actions (login required)

View Item View Item