Hubungan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran KooperatifTipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada Mata Pelajaran IPA Kelas VII.1di SMP Negeri 15 Padang

Nazmi, Mesa Huriatun (2020) Hubungan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran KooperatifTipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada Mata Pelajaran IPA Kelas VII.1di SMP Negeri 15 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_09_MESA_HURIATUN_NAZMI_16231038_2388_2020.pdf

Download (511kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana hubungan motivasi dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran kooperatifTipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada mata pelajaran IPAkelas VII.1 di SMP Negeri 15 Padang. Motivasi memiliki peran yang sangat penting dalam berbagai kegiatan, salah satunya dalam kegiatan pembelajaran. Motivasi belajar merupakan bagian dalam diri seseorangtentang suatu keadaan yang menyebabkan seseorang dapat bertindak dengan cara yang jelas untuk memenuhi beberapa tujuan tertentu, salah satunya dalam belajar. Berhasilnya kegiatan pembelajaran dapat dilihat pada hasil belajar yang baik. Hasil belajar adalah ukuran seberapa jauh peserta didik dapat memahami materi yang sudah diajarkan yang berlangsung sejak awal kegiatan pembelajaran sampai pada akhir pembelajaran. Dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik salah satu upaya yang telah dilakukan guru adalah menerapkan model kooperatif tipe STAD. Model pembelajaran kooperatif tipe STADlebih menekankan proses kerja sama kelompok dalam menyelesaikan tugas atau lembar kerja yang diberikan guru, serta penghargaan pada kelompok. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatankorelasional.Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didikkelas VII.1SMP Negeri 15 Padang yang terdaftar tahun 2019/2020. Data motivasi belajar diperoleh dari penyebaran angket. Angket yang digunakan adalah angket yang telah dikatakan valid dan reliabel. Data hasil belajar diperoleh dari nilai Ulangan Harian KD 3.5 kalor dan perpindahannya. Jenis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalahkorelasi product moment. Sumbangan variabel X terhadap Y dapat ditentukan dengan rumus koefisien determinasi (KP).Hasil analisis menunjukkan bahwa analisis data hasil penelitian diperoleh koefisin korelasir_hitung>r_tabel(0,478 > 0,388) pada taraf signifikan 5% dan memiliki sumbangan 23%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran kooperatifTipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada mata pelajaran IPAkelas VII.1 di SMP Negeri 15 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 27 Apr 2021 03:44
Last Modified: 27 Apr 2021 03:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31269

Actions (login required)

View Item View Item